Hari Pers Nasional Segera Digelar, Bima Arya Masuk 10 Besar Penerima Anugerah Kebudayaan PWI

oleh
Potret resmi walikota Bogor Periode II (2019) (Foto Sumber: Pemkot Bogor)

Hari Pers Nasional Segera Digelar, Bima Arya Masuk 10 Besar Penerima Anugerah Kebudayaan PWI

www.suryanenggala.id– Bogor. Hari Pers Nasional (HPN) akan segera digelar di Jakarta pada tanggal 9 Februari 2021. Salah satu rangkaian acara yang digelar yaitu pemberian Anugerahan Kebudayaan (AK) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto, menjadi satu diantara 10 besar penerima AK-PWI.

Tercatat, ini kali ketiga PWI menggelar Anugerah Kebudayaan. Setelah yang pertama pada HPN 2016 di Lombok, dan yang kedua, HPN 2020 di Banjarmasin, kemudian HPN 2021 di Jakarta.

Menurut Yusuf Susilo Hartono, salah satu pelaksana Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2021. Mayoritas nama Bupati/Walikota yang menjadi nominasi merupakan akademis muda yang bergelar doktor dari dalam dan luar negeri.

“Selain akademisi, mereka punya latar belakang birokrat, pengusaha, hingga politisi dari berbagai partai,” Ujarnya dalam siaran pers.Yusuf menambahkan, 10 besar penerima AK-PWI yang dijadwalkan pada 13 sampai 15 Januari melakukan presentasi dan tanya jawab dengan tim juri secara daring.

“Presentasi dan tanya jawab ini merupakan tahap akhir dari proses pemberian AK-PWI. Jika proses ini lolos, kesepuluh kepala daerah itu berhak menerima trofi di acara puncak HPN yang biasanya dihadiri Pak Presiden Joko Widodo.

Baca juga :

Mengingat situasi pandemi Covid-19, kami akan melakukan proses presentasi dan tanya jawab, dengan protokol kesehatan secara ketat,” tambah yusuf.

Hari Pers Nasional Segera Digelar, Bima Arya Masuk 10 Besar Penerima Anugerah Kebudayaan PWI
Siaran Pers (Sumber : PWI Pusat)
Hari Pers Nasional Segera Digelar, Bima Arya Masuk 10 Besar Penerima Anugerah Kebudayaan PWI
Rapat Koordinasi PWI se-Indonesia (Sumber : PWI Pusat)

Namun, sebelum melakukan presentasi proposal, 10 calon penerima AK PWI Pusat 2021 akan memperkenalkan diri secara daring kepada publik melalui aplikasi zoom meeting yang dapat diikuti oleh wartawan dan masyarakat. Dengan Meeting ID : 892 0650 0994 dan Passcode : kebudayaan pada hari Senin, 11 Januari 2021 jam 14.00 WIB. 10 kandidat penerima AK-PWI diantaranya, Arya Bima Sugiarto (Walikota Bogor, Jawa Barat), IB Rai Dharma Wijaya Mantra (Walikota Denpasar, Bali), Hendrar Prihadi (Walikota Semarang, Jawa Tengah), Dedy Yon Supriyono (Bupati Tegal, Jawa Tengah), Tjhai Chui Mie (Walikota Singkawang, Kalimantan Barat), Dony Ahmad Munir (Bupati Sumedang, Jawa Barat), Taufan Pawe (Bupati Parepare, Sulawesi Selatan), Karna Sobahi (Bupati Majalengka, Jawa Barat), Herwin Yatim (Bupati Banggai, Sulawesi Tengah) dan Ika Puspitasari (Walikota Mojokerto, Jawa Timur).

Pemilihan 10 nama kepala daerah tersebut dilakukan dengan pertimbangan proposal tentang visi pembangunan daerah berbasis kearifan lokal. Yang diajukan para calon penerima AK-PWI 2021 dan diunggah di media sosial atau situs berbagi video. Hal ini sudah di laksanakan dalam 2 periode (Oktober-November).

Acara penganugerahan tersebut terselenggara atas kerjasama PWI dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKSI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI).

(Aj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *