Sambut HUT-RI 78 Dan Bersih Dusun Sirah Nogo Gelar Kesenian Reyog

oleh
Foto : Wid/Surya Nenggala

Sambut HUT-RI 78 Dan Bersih Dusun Sirah Nogo Gelar Reog, Bujang Ganong Jathil

www.suryanenggala.idMadiun. Menyambut HUT RI ke 78 Dusun sirahnogo Desa Glonggong Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun menggelar acara reog, bujang ganong dan Jathilan. pagelaran ini titik helat pertama di kediaman Mustakim Kepala Desa Glonggong.

Sambut HUT-RI 78 Dan Bersih Dusun Sirah Nogo Gelar Reog, Bujang Ganong Jathil
Pertunjukan kesenian reog Ponorogo

Selain menyambut HUT RI ke 78 giat acara ini sekaligus merupakan agenda rutin Dusun sirah Nogo yaitu ritual tahunan bersih Dusun sirah Nogo, (Kamis, 03/08/23).

Hadir dalam acara tersebut Kapolsek Dolopo dan jajarannya, bhabinkamtibmas, Babinsa , BPD dan anggotanya, tokoh masyarakat tokoh pemuda Banser juga warga masyarakat Desa Glonggong khususnya dan dari desa-desa sekitar Desa Glonggong. Acara ini sangat meriah dimulai pukul 03.00 reog mulai unjuk atraksi.

Tampil pertama kali atraksi Bujang Ganong. Atraksi ini sangat menarik perhatian para pengunjung dan yang kedua joget jathilan dilanjutkan acara Kepala desa dan Ibu Kepala Desa naik dadak merak untuk di jogetkan. Pertama-tama Ibu Kepala Desa terlihat ragu dan takut. Namun akhirnya menikmati duduk di kepala Harimau.

Mustakim Kepala Desa dan Ibu Kepala Desa dinaikkan di dadak merak yaitu naik di kepala Harimau. Sorak sorai pengunjung sangat meriah.

Sambut HUT-RI 78 Dan Bersih Dusun Sirah Nogo Gelar Reog, Bujang Ganong Jathil
Kepala Desa dan Ibu Kepala Desa di naikkan Dadak Merak, menaiki kepala Harimau

Kepala Desa Glonggong dalam sambutanya mengatakan ” Kami selalu menggelar acara ini Rutin. Ritual Bersih Desa atau bersih Dusun adalah wujud rasa syukur kita atas karunia dari Alloh SWT yang telah memberikan kepada masyarakat kesehatan, rezeki, hasil panen, dan lain-lain yang telah diperoleh selama setahun ini. Juga harapan kedepan agar lebih baik dari tahun ini. “. Ucap Mustakim.

Mustaqim juga mengingatkan kepada seluruh penonton untuk menjaga ketertiban, guyub rukun, saling tolong-menolong terhadap sesama. Terkait HUT RI ke 78 Mustaqim mengatakan agar kita selalu mengingat jasa para pahlawan yang telah berjuang meraih kemerdekaan Republik Indonesia. Kita hanya melanjutkan perjuangan para pejuang kita untuk itulah marilah kita jaga, marilah kita kompak. Marilah kita maju, marilah kita isi kemerdekaan ini dengan menjaga keutuhan NKRI. ucap Mustakim.

Baca Juga :

Setelah atraksi dari kediaman Kepala Desa reog di arak keliling Dusun Sirah Nogo. Di titik kumpul selanjutnya ditampilkan kegiatan acara pencak silat. Seni bela diri Pencak silat ini juga sangat menarik. Para pesilat dengan keahlian silatnya mengatraksikan permainan sambung persaudaraan dengan memakai senjata. Kemudian dilanjutkan atraksi tarung reog Jathilan dan juga Bujang Ganong.

Acara berakhirnya pukul 17.00. Selamat Memperingati HUT-RI Ke 78 Merdeka.

(Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *