Melalui P3-TGAI Bisa Menumbuhkan Partisipasi Petani Desa Talun

oleh

Melalui P3-TGAI Bisa Menumbuhkan Partisipasi Petani Desa Talun

www.suryanenggala.id – Ponorogo. Untuk mendukung program jaminan pangan dalam upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat, kegiatan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) merupakan salah satu program padat karya pemerintah. Dalam hal ini Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo terus ditingkatkan.

P3-TGAI merupakan kegiatan padat karya irigasi yang meliputi persiapan, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi agar memperhatikan kegutuhan, kesulitan dan aspirasi laki-laki dan perempuan, lansia, disabilitasdan masyarakat berkebutuhan khusus. Kegiatan P3-TGAI yang meliputi perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan irigasi, dan tentunya sebagai solusi peningkatan ekonomi masyarakat.

Baca Juga :
Melalui P3-TGAI Bisa Menumbuhkan Partisipasi Petani Desa Talun
Melalui P3-TGAI Bisa Menumbuhkan Partisipasi Petani Desa Talun

Seperti yang dilaksanakan di Desa Talun Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Program yang menyerap anggaran 195 juta rupiah ini direalisasikan untuk membangun saluran irigasi. Melalui Swakelola kelompok HIPPA, bangunan sepanjang 270 meter ini hampir selesai pengerjaannya.

Waroto, Kepala Desa Talun ketika dikonfirmasi menjelaskan bahwa P3TGAI yang terealisasi tahun 2022 ini sangat bermanfaat bagi para petani. Pasalnya, pengolahan sawah bisa lebih maksimal sehingga diharapkan nantinya dapat meningkatkan hasil panen.

“Terimakasih kepada pemerintah pusat yang telah merealisasikan P3TGAI di Desa Talun. Hal ini sangat bermanfaat bagi para petani. Jika sebelumnya hasil panen hanya 2 kali dalam setahun, dengan adanya pembangunan irigasi ini semoga bisa menjadi 3 kali panen dalam setahun,” pungkasnya.

(ek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *