Anggota Polwan Polres Ponorogo Ubah Sampah Jadi Produk Ekonomis

oleh

Anggota Polwan Polres Ponorogo Ubah Sampah Jadi Produk Ekonomis

Suryanenggala.id, PONOROGO – Tak hanya menciptakan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat, namun salah satu anggota Polwan Polres Ponorogo ini juga mampu turut serta menangani berbagai persoalan lainnya.

Salah satunya yang telah dilakukan Briptu Veronita Anjar Rianto, yang merupakan anggota Bhabinkamtibmas Desa Wonoketro, Polsek Jetis, Polres Ponorogo.

Briptu Veronita bersama-sama masyarakat mampu menangani persoalan sampah di Pasar Jetis, Ponorogo.

Bahkan, sampah-sampah tersebut dimanfaatkan menjadi pupuk organik, yang memiliki nilai ekonomis bagi Koperasi Bumdes Desa Wonoketro.

Hasil yang didapatkan dari penjualan pupuk organik itu, diberikan kepada kaum duafa diwilayah tersebut.

“Sampah ini menjadi persoalan sejak dulu di pasar Jetis, jadi kita harus membantu warga sekitar untuk mengelola sampah, dengan kreatifitas diantaranya, menjadikannya pupuk organik yang bermanfaat bagi masyarakat,”kata Briptu Veronita Anjar Rianto, Rabu (20/9/2023).

Ia juga mengatakan, atas berbagai masukan warga, hingga akhirnya dibangunlah tempat pengelolaan sampah yang bekerjasama dengan pemerintah desa setempat.

“Sampah dipilah-pilah, antara yang organik dan non organic, kemudian sampah organik dicacah dan difermentasi hingga satu bulan. Hasilnya di saring dijadikan pupuk,ā€¯paparnya.

Sementara itu Kapolres Ponorogo, AKBP Wimboko S.I.K, M.Si. memberikan apresiasi pada anggotanya yang mampu bersinergis dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kapolres Ponorogo juga berharap apa yang dilakukan oleh anggotanya itu dapat menginspirasi anggota yang lain dan juga Masyarakat.

“Mengelola sampah ini bisa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk lebih kreatif dalam melihat persoalan diwilayah masing -masing,”ungkap AKBP Wimboko. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *