Polres Ngawi Kerahkan 901 Personil Gabungan untuk Amankan Pilkades Serentak

oleh

Polres Ngawi Kerahkan 901 Personil Gabungan untuk Amankan Pilkades Serentak

Suryanenggala.id, NGAWI – Polres Ngawi Polda Jatim mengadakan apel gelar pasukan demi pengamanan kegiatan Pilkades (pemilihan kepala desa) secara serentak.

Menurut Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.Si bahwa apel gelar pasukan dilaksanakan di halaman Polres Ngawi dengan mengikut sertakan personil yang terlibat sejumlah 901 personil dari berbagai instansi, pada Rabu (4/10/2023)

“Benar, hari ini kita laksanakan apel gelar pasukan dengan tujuan melihat sejauh mana kesiapan personil yang dilibatkan dari berbagai instansi, untuk digeser ke lokasi pilkades,” tutur Kapolres Ngawi ketika dikonfirmasi media.

Sebagai informasi, demokrasi tingkat desa berupa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Ngawi dilakukan secara serentak pada hari Kamis tanggal 5 Oktober 2023.

Ada 17 (tujuh belas) desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak yakni Ds Gempol Kec. Karangjati, Ds/Kec Kedunggalar, Ds. Waruktengah Kec. Pangkur, Ds. Sirigan Kec. Paron, Ds. Simo Kec. Kwadungan, Ds. Kenongorejo Kec. Bringin, Ds. Beran Kec. Ngawi, Ds. Pojok Kec. Kwadungan, Ds. Banjaransari Kec.Padas, Ds. Campurasr Kec. Karangjati, Ds. Tambakromo Kec Padas, Ds. Tawun Kec. Kasreman, Ds. Wonosari Kec. Sine, Ds jururejo Kec. Ngawi, Ds Kebon Kec. Paron, Ds Gendol Kec. Sine

“Ada 17 Desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada esok hari (Kamis, 5/10/2023),” lanjut Argowiyono.

Untuk mengamankan Pilkades serentak, Polres Ngawi menyiapkan 901 personil gabungan terdiri dari Polri sebanyak 315, BKO Brimob 1 SST, TNI (Kodim 0805) ada 30, Satpol PP 30, Linmas ada 170 orang (setiap desa 10 linmas) dan Linmas yang melaksanakan pengamanan TPS ada 326.

Hal itu seperti disampaikan oleh Kapolres Ngawi saat memimpin apel gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak.

Pengamanan tersebut jelas Argowiyono mencakup berbagai aspek, termasuk pengawasan terhadap sarana dan prasarana yang digunakan dalam pelaksanaan Pilkades.

Selain itu lanjut AKBP Argowiyono, Polres Ngawi juga berkomitmen untuk memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat yang akan menggunakan hak suaranya dalam Pilkades ini.

“Dalam Pilkades ini diharapkan masyarakat di Kabupaten Ngawi dapat berpartisipasi dengan menjaga ketenangan dan kedamaian selama proses pemilihan,” tambah Kapolres Ngawi

Pihaknya bersama dengan TNI dan instansi samping akan terus berupaya menjaga situasi yang aman dan kondusif selama pelaksanaan Demokrasi tingkat Desa yang dilakukan secara serentak tersebut. (d*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *