FKBN Kediri Raya bersinergi Dinas Koperasi Kota Kediri Bantu Pengurusan Sertifikasi Halal Produk Anggota Babinsa Koramil Mojo

oleh -428 Dilihat

FKBN Kediri Raya bersinergi Dinas Koperasi Kota Kediri Bantu Pengurusan Sertifikasi Halal Produk Anggota Babinsa Koramil Mojo

www.suryanenggala.id. Kediri- Forum Kader Bela Negara (FKBN) Kediri Raya, Dinas Koperasi Kota Kediri, dan Lembaga Solusi Halal PW Isnu Jawa Timur lakukan pendampingan kepada puluhan pelaku UMKM Kediri Raya untuk pengurusan sertifikasi halal produk di Kantor FKBN Kediri Raya pada Rabu 16 September 2022.

Sertifikasi Halal bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sangat penting seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap halal pada label produknya.

Mengacu pada Peraturan Menteri Agama Nomor 20 tentang Sertifikasi Halal, cara mengurus Sertifikasi Halal dapat dilakukan berbasis secara online, yakni dengan menggunakan Sistem Informasi Halal (SI-HALAL). Hal ini dapat memberikan peluang kepada pelaku usaha skala mikro, kecil, dan menengah untuk mengembangkan bisnisnya.

Siti Aminah, S.Ag., MPd.I. dari Lembaga Solusi Halal (LSH) ISNU Jawa Timur memberikan pendampingan dan materi pelatihan berupa kebijakan umum dan regulasi jaminan produk halal, ketentuan syariat Islam terkait jaminan produk halal, pengetahuan bahan, proses produk halal, verifikasi dan validasi, dan digitalisasi dan dokumentasi pendampingan proses produk halal.

“Diharapkan pendampingan PPH ini mampu meningkatkan kualitas produk UMKM Kediri Raya, dan dapat bermanfaat bagi masyarakat secara luas, apapun jenis usaha mikronya.” ucap Siti Aminah S.Ag., MPd.I. yang berprofesi sebagai dosen di Universitas Swasta ternama Di Kediri.

baca juga:

Akhir Kristiono AMd. SH. selaku Kepala Bakorda FKBN Kediri Raya menyampaikan sulitnya dan banyaknya berkas file yang dimasukkan ke sistem sertifikasi Halal tidak menjadi halangan untuk terus mengisi file data berulangkali.

“Bagi pelaku UMKM yang belum mendapatkan sertifikasi halal, FKBN Kediri Raya siap mendampingi masyarakat agar semakin terjamin produknya. Tidak hanya itu, saya harap UMKM Kediri Raya semakin maju dan terus berkarya terus berkembang. Bela Negara selalu siap melayani masyarakat yang membutuhkan dengan ikhlas. Masih mengingat permintaan Letkol. Infantri Rully Eko Suryawan selaku Komandan Kodim 0809, untuk support anggotanya berproduksi Buah Mojo sebagai produk unggulan karya TNI AD yang dimiliki Kodim 0809 dengan sukses memiliki Sertifikat Halal karya Babinsa Mojo.” pungkasnya.

Serka Trijoto Pristiwawan selaku Babinsa Kodim 0809 /06 Mojo sekaligus pelaku UMKM produksi minuman obat tradisional Buah Mojo sejak dua tahun lalu dari Khas Desa Mojo Kabupaten Kediri.

“Ini perjuangan yang terus akan saya syukuri mendapatkan Sertifikat Halal yang sudah dibantu pendampingan dari sedulur Bela Negara. Semakin memantapkan saya untuk berproduksi minuman Buah Mojo dan menjualnya dengan lebih mantap, lebih yakin karena perijinan bertambah satu. Dengan demikian akan mendobrak kwalitas harga jual produk saya. ” tegas Serka Trijoto Pristiwawan.

(sumber: FKBN)

( yuli/ achm )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *