Buntut Viral Persoalan Gender, Aprilia Manganang Ajukan Ganti Nama

oleh
Mantan atlet bola volley nasional, Aprilia Manganang ajukan pergantian nama (foto: Tk/Surya Nenggala)

Buntut Viral Persoalan Gender, Aprilia Manganang Ajukan Ganti Nama

www.suryanenggala.id – Jakarta. Mantan Atlet voli putri Indonesia Aprilia Manganang mengajukan permohonan untuk mengganti namanya menjadi Aprilio Perkasa Manganang, Jumat (19/03/2021).

Pihak pemohon berharap sidang mengabulkan permohonan pergantian identitas dari Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Aprilia Manganang mengajukan pergantian nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang (dok: Tk/Surya Nenggala)

Permohonan pengajuan pergantian nama dilakukan sidang Pengadilan Negeri Tondano, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, dan disiarkan secara virtual.

Secara resmi, nama baru tersebut diharapkan bisa diterapkan di Dukcapil. Artinya, kartu tanda penduduk dan akte kelahiran bakal berganti nama.

Mantan atlet berusia 28 tahun itu mengalami kelainan medis yang disebut Hipospadia yakni kelainan bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan. Dan Aprilia dianggap keluarga berjenis kelamin wanita.

Status kelamin yang dimiliki Aprilia selama ini merupakan kesalahan diagnosa, lantaran Aprilia sejak lahir telah mengalami kesalahan Hipospadia.

Setelah dilakukan rekaman medis ulang di RSPAD Gatot Subroto, hormon testosteron Aprilia lebih tinggi. Dan tidak hanya itu di dalam organ dalamnya juga tidak organ tubuh yang mestinya dimiliki perempuan.

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa saat konferensi pers di Mabes AD terkait kondisi Mantan Atlet voli Aprilia Manganang saat ini.

“Pertama kali diketahui pada 3 Februari lalu saat tim medis dari RSPAD Gatot Subroto melakukan pemeriksaan medis terhadap Aprilia,” ujar Andika.

Andika juga menuturkan   telah memberikan bantuan berupa operasi perbaikan kepada Aprilia yang menjalani rekrutmen khusus pada 2016.

Andika melanjutkan untuk memanggil Aprilia yang tengah bertugas di Ambon ke Jakarta dan dilakukan pemeriksaan medis sebab sempat tersiar informasi terkait kondisi fisik Aprilia yang menyerupai laki-laki.

(TK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *