Lansia Dan Warga Usia 18 Tahun Keatas Desa Palur Laksanakan Vaksinasi

oleh
Lansia Dan Warga Usia 18 Tahun Keatas Desa Palur Laksanakan Vaksinasi.
Saat proses penyuntikan oleh tenaga kesehatan puskesmas gantrung( Foto: md/SuryaNenggala)

Lansia Dan Warga Usia 18 Tahun Keatas Desa Palur Laksanakan Vaksinasi

www.suryanenggala.id-Madiun. Sebanyak 700 daftar lansia dan masyarakat umum di Desa Palur Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun mendapatkan vaksinasi covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari berturut – turut mulai tanggal 8 hingga 9 juni 2021. Bertempat di balai Desa Palur, giat berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Dalam giat tersebut, terlihat Bhabinkamtibmas Desa Palur Aiptu Siswanto memantau jalannya vaksinasi. Ia juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada masyarakat Palur atas antusiasnya menerima vaksin Covid-19.

“Dengan adanya program vaksinasi ini kedepannya bagi masyarakat yang belum vaksin segera melakukan vaksinasi. Karena di Desa Palur ini hanya 2 hari, Masyarakat bisa mendatangi Desa lain yang penting membawa KTP. Saya juga mengharapkan kesadaran masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi ini. Karena ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menanggulangi penyebaran Covid-19. “ujarnya.

Aiptu Siswanto. Bhabinkamtibmas Desa Palur Saat Dikonfirmasi

Proses vaksinasi melalui beberapa tahapan. Diawali dengan mengambil antrian, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan suhu dan lain-lain (screening). Setelah lolos pemeriksaan, selanjutnya menuju tahap penyuntikan Vaksin.

Eka Herlina, tenaga kesehatan (nakes) dari Puskesmas Gantrung ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa sebenarnya vaksinasi ini untuk lansia. Karena info ter update sekarang, vaksin bisa digunakan usia 18 tahun ke atas.

“Berdasarkan data, Desa Palur sebanyak kurang lebih 700 penerima vaksin. Namun dihari pertama kemarin, sebanyak 110 sudah tervaksin. untuk hari ke dua ini kita belum tahu karena masih pelaksanaan. “jelasnya.

Masih lanjut Eka, jenis vaksin yang disuntikkan adalah AstraZeneca. Secara logistik, tidak ada kendala.

“Kendalanya justru di masyarakat terutama lansia. Banyak sekali hal yang mempengaruhi mulai dari rasa takut, was-was dan efek samping dari vaksin tersebut. “lanjutnya.

Drs. Sugiyanto, Kepala Desa Palur saat ditemui diruang kerjanya

Sementara itu, Drs. Sugiyanto Kepala Desa Palur saat ditemui diruang kerjanya menyampaikan beberapa hal terkait pelaksanaan vaksinasi di Desanya. Terutama kendala yang terjadi sebelum proses vaksinasi.

“Almamdulillah pelaksanaan vaksinasi berjalan lancar. Kendala utamanya ada pada lansia terutama yang mempunyai penyakit bawaan. Ini yang menyebabkan batalnya vaksinasi pada lansia karena tidak masuk persyaratan. “jelasnya.

Masih lanjut Sugiyanto, pihaknya berharap kepada masyarakat Palur ditengah musim pandemi ini, sesuai program Pemerintah kita harus divaksin. Khusus masyarakat Desa Palur saya tidak henti-hentinya menghimbau untuk selalu taat protokol kesehatan. Semoga pandemi ini segera usai. “pungkasnya.

(md)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *