Kapolri Dalam Kunjungannya ke Lombok, Danrem 162/WA Berikan Buku “Mempolong Merenten”

oleh
Kapolri bersama Danrem 162/WA saat kunjungan Kerja di Lombok Utara. (Foto/Dok Humas TNI)

Kapolri Dalam Kunjungannya ke Lombok, Danrem 162/WA Berikan Buku “Mempolong Merenten”

www.suryanenggala.id– Jakarta. Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, M.Si., bersama jajarannya kunjungi kerja di Lombok Nusa Tenggara Barat yang disambut Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, Komandan KOREM 162/WB Brigadir Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani, Kapolda NTB Irjen Pol M. Iqbal di Bandara Internasional Lombok. Sabtu (3/4/2021).

Penerangan KOREM 163/WB dalam keterangan tertulisnya, Disela rangkaian kegiatan kunjungan kerja Kapolri di Polda NTB, Komandan TNI Ahmad Rizal Ramdhani menyerahkan sebuah buku karya Agy Massadiah dan Rosi Daras yang berjudul “Mempolong Merenten Rehab Rekon Gempa Lombok” kepada Kapolri di lapangan Gajah Mada Polda NTB.

Judul besar buku tersebut menurutnya, “Mempolong Merenten” memiliki makna kearifan lokal yang sangat dalam yaitu sebuah semboyan masyarakat Lombok khususnya Lombok Utara yang berarti kerukunan dalam bergotong royong yang melibatkan semua komponen masyarakat.

“Dalam buku ini menceritakan tentang sinergitas dan kebersamaan TNI-Polri serta masyarakat Lombok Utara secara gotong royong menghadapi bencana alam gempa bumi sampai dengan tahap rekontruksi rumah tahan gempa sejumlah 263.705 unit yang telah selesai dibangun pada tahap awal. ” ujar Ahmad Rizal.

Baca juga :
Kapolri Dalam Kunjungannya ke Lombok, Danrem 162/WA Berikan Buku "Mempolong Merenten"

Rizal mengatakan, dirinya menginisiasi buku tersebut sebagai Dansatgas Rehap Rekon sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur TNI-Polri yang telah mengabdikan diri secara maksimal dalam penanganan gempa mulai dari tahap tanggal darurat, tahap rehabilitasi dan tahap rekonstruksi pembangunan rumah tahan gempa hingga selesai.

“Sebagai literasi mitigasi kebencanaan di tanah air terutama gempa bumi, buku ini mengingatkan bencana alam gempa di Lombok NTB sangat cepat dan sukses tahap demi tahap hingga rekontruksi rumah tahan gempa,” tutur Rizal.

Rizal juga menambahkan, bahwa kita tetap waspada dan terus berdoa semoga Indonesia aman dari bencana dan mata bahaya.

Jenderal bintang satu ini juga mengingatkan semua pihak untuk tetap waspada karena bencana alam bisa terjadi setiap saat. Berdasarkan data bahwa Indonesia berada di wilayah Pasifik Ring of Fire (Cincin Api) yaitu daerah yang sering mengalami bencana alam seperti gempa bumi dan letusan gunung berapi.

(TK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *