Kemeriahan Kirab Budaya Ngarak Cai Dan Ngalokat Cai Dalam Rangka HUT Ke-22 Kota Cimahi

oleh
Pembukaan Kegiatan Kirab Budaya Oleh Para Penari Cilik Dari Sejumlah Sanggar Tari Di Kota Cimahi. (Foto : DN/Suryanenggala).

Kemeriahan Kirab Budaya Ngarak Cai Dan Ngalokat Cai Dalam Rangka HUT Ke-22 Kota Cimahi

www.suryanenggala.id – Cimahi. Pemerintah Daerah Kota Cimahi Melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Disbudparpora) bersama Dewan Kebudayaan Kota Cimahi (DKKC) menggelar Kirab Budaya Ngarak Cai dan Ngalokat Cai yang diselenggarakan di Jalan Raden Demang Hardjakusumah hingga Plaza Rakyat Pemkot Cimahi, hari Minggu (18/06/2023).

Kegiatan ini dihadiri Pj. Sekretaris Daerah Kota Cimahi Maria Fitriana, perwakilan dari Polres, Kodim, para Kepala Dinas pemerintah Kota Cimahi, para Camat dan Lurah se Kota Cimahi, para pemuka Agama, para komunitas seni budaya serta tamu undangan dan masyarakat Kota Cimahi.

Kirab Budaya Ngarak Cai dan Ngalokat Cai Cimahi tidak dilakukan oleh satu kelompok tertentu saja, namun kegiatan ini melibatkan unsur pemerintah dan masyarakat Kota Cimahi.

Setiap Kelurahan dan para pemuka agama di Kota Cimahi diwajibkan membawa air bersih dari wilayahnya masing-masing dan diarak bersama menuju satu tempat dengan diiringi beragam seni dalam bentuk kirab budaya.

Dalam sambutannya Pj. Sekretaris Daerah Kota Cimahi Maria Fitriana menyampaikan, pesan dari Pj. Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Cimahi dan OPD, Camat, Lurah yang sudah bersama-sama melaksanakan kegiatan ini, mudah-mudahan ini adalah perwujudan dari Cimahi Ngahiji.

Lebih lanjut Maria mengatakan budaya bangsa Indonesia kita ini adalah budaya yang perlu kita jaga, budaya yang memang harus kita berikan kepada anak-anak muda kita. Kekayaan bangsa kita bukan hanya sebuah ritual tetapi ini adalah sebuah kekayaan yang memang harus kita jaga bersama-sama.

Baca Juga :
Kemeriahan Kirab Budaya Ngarak Cai Dan Ngalokat Cai Dalam Rangka HUT Ke-22 Kota Cimahi
Prosesi Ngalokat Cai Pada Kirab Budaya.
Kemeriahan Kirab Budaya Ngarak Cai Dan Ngalokat Cai Dalam Rangka HUT Ke-22 Kota Cimahi
Foto Bersama Disela-Sela Kegiatan Kirab Budaya.

“Cimahi milik kita semua, Cimahi untuk kita semua, jadi harus betul-betul diberikan kepada masyarakat, dan hiburan ini adalah untuk masyarakat kota Cimahi,” ujarnya.

Maria juga mengungkapkan acara ini merupakan rangkaian dari HUT ke-22 Kota Cimahi, yang memiliki beragam budaya dan kali ini di tampilkan di perayaan ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menjadi kalender tahunan yang bisa menampilkan lebih banyak lagi dan lebih terprogram lagi acaranya,” ungkapnya.

Antusias masyarakat serta seniman dan budaya yang luar biasa ini sangat membantu hingga bisa menampilkan budaya dari berbagai kesenian yang sudah di persiapkan. Diharapkan Cimahi ke depan semakin baik, semakin maju, berkembang, aman dan sejahtera masyarakatnya.

Maria juga menyampaikan bahwa nanti di tanggal 24 Juni 2023, ada acara dari pagi sampai malam puncak terakhir ada kesenian Wayang Golek Putra Giri Harja 2 dengan dalang Deden Kosasih Sunarya, dimulai pada pukul 10 malam semua gratis, juga ada makanan gratis semua untuk masyarakat Kota Cimahi.

“Di HUT ke-22 ini, kita terus berupaya untuk memajukan Kota Cimahi, dan bisa membuat bangga masyarakatnya. Dan masyarakat agar menjaga Cimahi dari sampah,” pungkasnya.

(DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *