Diskusi Forum Anak dan Remaja Desa Ngampel Wetan, Mewujudkan Keterlibatan dan Aspirasi dalam Pembangunan Desa

oleh
Diskusi Forum Anak dan Remaja Desa Ngampel Wetan, Mewujudkan Keterlibatan dan Aspirasi dalam Pembangunan Desa

Diskusi Forum Anak dan Remaja Desa Ngampel Wetan, Mewujudkan Keterlibatan dan Aspirasi dalam Pembangunan Desa

www.suryanenggala.id – Kendal. Kegiatan diskusi anak-anak dan remaja diadakan oleh Forum Anak “Taruna Sejahtera” Desa Ngampel Wetan pada hari, Senin (07/3/2023).

Kegiatan diskusi ini bertujuan untuk menghilangkan potensi kerawanan akibat tawuran antar-anak usia SMP dan SMA. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk menerima masukan terkait keinginan remaja yang berhubungan dengan pembangunan fasilitas olahraga dan sarana lainnya di Desa.

Mbak Rani, Ketua Forum Anak dan Bapak Agus, Babinsa Desa Ngampel Wetan, hadir sebagai pemateri. Dalam kegiatan diskusi tersebut. Mbak Rani memberikan materi terkait dengan upaya pencegahan kerawanan antar remaja dan cara untuk membangun hubungan yang sehat dan bermanfaat di antara mereka. Sementara itu, Bapak Agus memberikan materi terkait keamanan dan keselamatan dalam beraktivitas di masyarakat.

Dalam kegiatan diskusi tersebut, turut hadir puluhan anak-anak dan remaja yang aktif berpartisipasi dengan mengajukan berbagai pertanyaan dan memberikan pandangan mereka terkait dengan masalah yang dihadapi di lingkungan sekitar mereka. Salah satu anak yang hadir dalam forum, Sigit, aktif menyampaikan pertanyaannya. Kegiatan diskusi berlangsung sukses dan diharapkan dapat membawa dampak positif bagi masyarakat Desa Ngampel Wetan.

Mbak Rani, dalam materinya, menjelaskan bahwa “Upaya untuk menghindari tawuran antar remaja harus dimulai dari diri sendiri dengan membangun sikap saling menghargai, bekerja sama, dan menghormati perbedaan. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya berbicara dengan orangtua atau orang yang lebih berpengalaman dalam mengatasi masalah yang dihadapi,” Jelasnya.

Baca Juga :

Sementara itu, Bapak Agus memberikan materi terkait dengan cara-cara untuk memastikan keamanan dan keselamatan ketika beraktivitas di masyarakat. Ia juga menekankan “Pentingnya menghindari situasi yang berpotensi memicu tawuran atau konflik serta mengajak remaja untuk menyiapkan diri dengan baik menggapai masa depan. Bagaimana menyiapkan diri untuk menjadi anggota TNI, bagaimana menyiapkan diri untuk menjadi anggota POLRI maupun berbagai profesi lainnya kalian persiapkan dari sekarang, hindari rokok dan jauhi narkoba,” Ujarnya.

“Saya pun siap untuk mengikuti kegiatan olahraga, dipinta untuk menjadi pelatih voly pun siap,” Imbuh Pak Agus.

Kegiatan diskusi ini mendapat sambutan positif dari perwakilan pemuda dari ORDAKA dan OPKD yang tergabung dalam pengurus karang taruna “Wara Baksya” Desa Ngampel Wetan. Mereka juga hadir dan menyatakan dukungannya dan berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan diskusi anak-anak dan remaja ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam mencegah potensi kerawanan dan membangun hubungan yang lebih baik di antara mereka. Forum Anak Desa Ngampel Wetan berencana untuk melaksanakan kegiatan serupa di masa depan dengan menghadirkan narasumber yang berbeda dan topik yang beragam.

(Zae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *