Bupati Mojokerto bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto Gelar Patroli Kesiapan Pilkades Serentak

oleh
Foto:Shn;Ven/Ar

Bupati Mojokerto bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto Gelar Patroli Kesiapan Pilkades Serentak

www.suryanenggala.id – Kabupaten Mojokerto. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto menggelar patroli kesiapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Mojokerto.

Dengan menggunakan sepeda motor, Bupati Ikfina bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto meninjau langsung beberapa titik lokasi desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak pada tanggal 14 September 2022 esok.

Dalam pelaksanaan patroli kali ini, Bupati Ikfina menyasar beberapa desa yang berada di wilayah utara Sungai Brantas yakni Desa Canggu dan Desa Jetis yang berada di Kecamatan Jetis, Desa Gunungan di Kecamatan Dawarblandong, dan Desa Sidoharjo di Kecamatan Gedeg.

Selain itu, Bupati Ikfina juga menjelaskan, dalam pelaksanaan patroli kali ini, bertujuan untuk memastikan semua persiapan pelaksanaan Pilkades serentak sudah sesuai dengan tahapan dan peraturan yang sudah ditetapkan

Ia juga menambahkan, ada beberapa tahapan pengecekan yang akan dilakukan untuk memastikan agar pelaksanaan Pilkades serentak tersebut bisa berjalan dengan baik seperti keamanan kotak suara yang siap untuk didistribusikan, kesiapan panitia Pilkades di masing-masing Tempat Penampungan Sementara (TPS), serta pengamanan dari Polresta Mojokerto, Kodim 0815, dan linmas dalam pelaksanaan Pilkades di masing-masing desa.

“Jadi kita berharap mudah mudahan besok berjalan dengan baik, lancar, tertib, aman, sejuk dan tidak ada permasalahan-permasalahan yang lain,” ucap Ikfina di Balai Desa Jetis, Selasa (13/9) sore.

Terkait pelaksanaan Pilkades serentak, Ikfina juga mengatakan, terdapat 41 Desa yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak di Kabupaten Mojokerto yakni sedikitnya 8 Desa di wilayah utara Sungai Brantas dan sisanya terdapat 33 Desa yang berada di selatan Sungai Brantas yang masuk dalam wilayah hukum Polres Mojokerto.

Baca Juga :
Bupati Mojokerto bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto Gelar Patroli Kesiapan Pilkades Serentak
Foto:Shn;Ven/Ar
Bupati Mojokerto bersama Forkopimda Kabupaten Mojokerto Gelar Patroli Kesiapan Pilkades Serentak
Foto:Shn;Ven/Ar

Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga mengimbau, agar masyarakat tetap mengutamakan dan mengedepankan protokol kesehatan, karena dalam pelaksanaan Pilkades serentak pada tahun ini masih dalam situasi Pandemi Covid-19 .

“Sehingga memang besok semua kegiatan tetap mensyaratkan pemenuhan protokol kesehatan, penggunaan masker kemudian tetap dengan menghindari kerumunan, menjaga jarak dan semuanya tetap dilakukan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Selain itu, Kapolresta Mojokerto AKBP Wiwit Adisatria mengatakan, kehadiran Bupati Ikfina dalam kegiatan Patroli ini, bisa memberikan motivasi semangat kepada seluruh personil yang akan melaksanakan pengamanan, baik dari TNI, Polres, maupun dari Linmas.

Lanjut Wiwit, dalam mengamalkan 7 TPS di wilayah utara sungai dengan kategori sangat rawan, Ia menjelaskan, akan menggunakan pola 1-3-6, yakni 1 TPS akan dijaga oleh 3 polisi dan 6 Linmas, serta juga akan dibantu oleh jajaran TNI.

“7 TPS itu rinciannya 4 di wilayah  kecamatan Jetis, 2 di wilayah Gedeg, dan 1 di wilayah Dawarblandong,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Wiwit juga mengatakan, dalam menjaga keamanan Pilkades serentak di Wilayah utara Sungai Brantas, terdapat sedikitnya 643 personil gabungan yang terdiri dari 305 Personil Polres Kota Mojokerto, 30 dari Satbrimob Polda Jatim, 110 TNI, 10 Satpol PP, serta 188 Linmas.

Sebagai informasi, dalam pelaksanaan Pilkades serentak di Desa Canggu terdapat 16 TPS dengan 7.834 Daftar Pemilih Tetap (DPT), Desa Jetis sedikitnya 10 TPS dengan 4.745 DPT, di Desa Gunungan terdapat 5 TPS dengan 1.983 DPT, dan di desa Sidoharjo terdapat 11 TPS dengan 5.010 DPT. 

(Sumber : Diskominfo Kab Mojokerto)

(Prm;Fir;Din;gd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *