Dikecam Usai Sebut Wayang Kulit Warisan Budaya Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf

oleh
Dikecam Usai Sebut Wayang Kulit Warisan Budaya Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf
Tangkapan Instastory @adidassg permohonan maaf terkait sebut wayang kulit kebudayaan malaysia

Dikecam Usai Sebut Wayang Kulit Warisan Budaya Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf

www.suryanenggala.id-Adidas Singapura menuai kecaman dari masyarakat Indonesia. Kecamat tersebut dikarenakan Adidas menyebut Wayang Kulit warisan budaya Malaysia.

Spontan postingan di media sosial Instagram dengan akun @adidasssg mendapat kecaman keras dari masyarakat Indonesia, atas klaim Adidas bahwa Wayang Kulit warisan budaya Malaysia.

Produk sepatu edisi khusus yang masuk dalam koleksi City Pack ini di umumkan melalui akun Instagram resmi Adidas Filipina pada Minggu (14/11/2021) dan akan di rilis pada 20 November 2021.

“Malaysia mewakili desain @JAEMYC untuk UltraBOOST DNA City Pack. Terinspirasi oleh kekayaan budaya Malaysia, desain tersebut memberi penghormatan kepada Wayang Kulit. Bagian penting dari identitas dan warisan budaya Malaysia dengan memadukan unsur-unsur Wayang Kulit dengan palet warna modern,” tulis akun Instagram @adidasph.

Sebagai informasi, Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menetapkan wayang kulit sebagai warisan budaya dunia tak benda pada pada 7 November 2003.

“Bro, wayang kulit berasal dari Indonesia. Bukan Malaysia. Terima kasih,” tulis seorang warganet.

“Wayang adalah budaya Indonesia, bukan Malaysia,” timpal warganet lainnya.

Seorang warganet yang mengetahui peristiwa salah ini langsung memberikan penjelasan. Lebih dari sekedar pertunjukan wayang, secara tradisional di gunakan sebagai media refleksi terhadap roh spiritual para dewa.

Pertunjukan wayang adalah untuk hiburan, bimbingan dan ketertiban dalam masyarakat. Wayang merupakan pertunjukan hiburan klasik Jawa yang di ketahui berkembang sejak sebelum abad ke-10.

“Wayang terkenal dengan pertunjukannya yang rumit dan diatur dan bentuk cerita kuno ini berasal dari pulau JAWA INDONESIA,” seorang warganet menjelaskan.

Baca juga:
Dikecam Usai Sebut Wayang Kulit Warisan Budaya Malaysia, Adidas Singapura Minta Maaf
unggahan instagran @adidasph menyebut wayang kulit warisan budaya Malaysia (foto:menit.co.id)

Adidas Singapura mengubah caption Instagram mereka, serta menyampaikan permintaan maaf karena sempat menyebut wayang kulit sebagai warisan budaya Malaysia.

Hal itu di sampaikan akun Instagram Adidas Singapura, @adidassg, dalam sebuah Instagram Story mereka, menyusul komentar pedas warganet Indonesia terhadap produk terbaru mereka.

Sebelumnya, Adidas di ketahui mengeluarkan beberapa produk bertemakan Asia Tenggara. Di mana salah satunya memiliki desain wayang, yang di sebut berasal dari Malaysia. Di mana desainernya adalah orang Malaysia.

“Ketika Wayang Kulit adalah bagian signifikan dalam warisan budaya Malaysia. Kami seharusnya menekankan asalnya dari Indonesia di unggahan kami,” tulis Adidas Singapura, di kutip Selasa (16/11/2021).

“Kami sungguh-sungguh meminta maaf atas ketidaksengajaan yang mungkin telah membuat tersinggung, dan sekarang kami telah mengubah unggahannya,” kata mereka lebih lanjut.

Adidas memberikan pernyataan resminya terkait hal tersebut. Pernyataan ini dimuat dalam instastory @adidassg.

“Terima kasih sudah menghubungi kami. Sementara wayang kulit adalah bagian penting dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menyoroti asli dari Indonesia dalam unggahan kami.(pst/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *