Surya Nenggala

Bakesbangpol Kota Cimahi Gelar Sosialisasi P4GN

Ketua Tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Cimahi Yoni Ronald Saat Ditemui Awak Media Pada Kegiatan Sosialisasi P4GN.

Bakesbangpol Kota Cimahi Gelar Sosialisasi P4GN

www.suryanenggala.id – Kota Cimahi. Dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap ancaman dan bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, khususnya dikalangan pelajar dan mahasiswa, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Cimahi bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Cimahi kembali melakukan sosialisasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) bertempat di aula Kecamatan Cimahi Tengah, pada Jum,at (25/10/2024) dan dihadiri oleh 60 orang perwakilan pelajar dan mahasiswa yang ada di Kota Cimahi.

Kegiatan sosialisasi P4Gn dilakukan sebagai upaya menjaga generasi muda dari bahaya Narkoba karena berdasarkan data hasil survei nasional, prevalensi penyalahgunaan narkotika tahun 2023 menunjukkan bahwa angka prevalensi sebesar 1,73% atau setara dengan 3,3 juta penduduk Indonesia yang berusia 15-64 tahun. Data ini juga menunjukkan ada peningkatan penyalahgunaan narkotika secara signifikan pada kalangan kelompok umur 15-24 tahun.

Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Cimahi Deden Hidayat yang membuka kegiatan sosialisasi tersebut mengatakan bahwa selain untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada remaja/mahasiswa tentang bahaya narkoba, juga adalah untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan stakeholder terkait dalam peranan mensosialisasikan penyalahgunaan narkoba di Kota Cimahi.

Bakesbangpol Kota Cimahi Gelar Sosialisasi P4GN
Suasana Kegiatan Sosialisasi P4GN.

“Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa dalam mencegah peredaran narkotika di wilayah Kota Cimahi. Sosialisasi ini juga meminta masyarakat untuk perduli terhadap lingkungan dan para remaja yang merupakan generasi penerus bangsa,” tandasnya.

Ketua Tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Cimahi Yoni Ronald, dalam wawancaranya dengan awak media menyebutkan adanya sosialisasi P4GN ini adalah bagaimana kita menjaga masyarakat dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.

“Kita ngejaga orang-orang yang imun ini bagaimana mempertahankan mereka tetap imun tetap menjaga diri, mewaspadai bahaya alkohol jadi strategi BNNK di program P4GN ini selain datang ke masyarakat tapi juga mengajak masyarakat bagaimana mereka yang di bawah ini tidak hanya diam dengan adanya kejahatan peredaran narkotika,” ungkapnya.

Menurut Yoni melibatkan semua elemen masyarakat termasuk seperti elemen mahasiswa elemen ibu-ibu PKK, dan elemen pemerintahan agar dapat bahu membahu menjaga lingkungan Masyarakat, lingkungan sekolah, juga lingkungan kerja dari penyalahgunaan atau peredaran narkotika merupakan upaya yang penting untuk dilakukan secara konsisten dan terus menerus dalam memerangi narkotika.

(Sumber : Hukum Kota Cimahi)

(DN)

Exit mobile version