Disbudparpora Kota Cimahi Gelar Kompetisi Pelajar Bola Voli Tingkat SMP/MTS

oleh
Disbudparpora Kota Cimahi Gelar Kompetisi Pelajar Bola Voli Tingkat SMP/MTS
Kepala Disbudparpora Kota Cimahi Achmad Nuryana Saat Membuka Kompetisi Olahraga Pelajar Cabang Olahraga Bola Voli Tingkat SMP)/MTS Se-Kota Cimahi.

Disbudparpora Kota Cimahi Gelar Kompetisi Pelajar Bola Voli Tingkat SMP/MTS

www.suryanenggala.id – Cimahi. Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi bekerjasama dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Cimahi menggelar Kompetisi Olahraga Pelajar (Kopel) Cabang Olahraga Bola Voli Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTS) Se-Kota Cimahi, Sabtu (21/09/2024).

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam pelestarian, pembinaan dan pengembangan olahraga yang berkembang di masyarakat. Kopel Cabang Olahraga (Cabor) Bola Voli Jenjang SMP/MTS Tingkat Kota Cimahi ini akan dilangsungkan selama dua hari, yakni pada hari Sabtu 21 September 2024 hingga Minggu 22 September 2024.

Kegiatan yang diselenggarakan di Lapangan Voli Ar-Hanud Kota Cimahi ini diikuti oleh para pelajar SMP/MTS sederajat di Kota Cimahi. Sebanyak 6 grup tim putri dan 12 grup tim putra akan bertanding dalam Kompetisi Olahraga Pelajar ini dengan sistem gugur.

Kepala Disbudparpora Achmad Nuryana menyampaikan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mempersiapkan Kontingen Kota Cimahi dengan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, selain persiapan secara fisik, persiapan secara mental pun menjadi sesuatu yang sangat penting sehingga terdapat keseimbangan antara kesiapan fisik dan mental. Sehingga diharapkan terpilihnya tim pelajar Jawa Barat yang unggul untuk dipersiapkan pada multi event olahraga pelajar di tingkat Provinsi di antaranya Pekan Olahraga Pelajar Wilayah Daerah (POPWILDA) dan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA).

“Jadi kompetisi ini adalah dalam rangka mencari bibit-bibit unggul dalam persiapan nanti kita POPWILDA dan kemudian POPDA bahkan sampai ke PORPROV dan bahkan bisa sampai ke PON seperti yang sekarang baru akan ditutup di Aceh dan di Medan, jadi pencarian bibit-bibit ini dimulai dari sejak masa dini dari tingkat SMP,” ungkap Achmad.

Disbudparpora Kota Cimahi Gelar Kompetisi Pelajar Bola Voli Tingkat SMP/MTS
Suasana Kompetisi Bola Voli Tingkat SMP/MTS Se-Kota Cimahi.

Atas prestasi para atlet dari Kota Cimahi, Achmad menyampaikan apresiasinya.

“Alhamdulillah, dari 14 orang atlet yang dikirimkan Cimahi mewakili Jawa Barat untuk bertanding di PON telah berhasil mengharumkan nama Kota Cimahi dengan mendapatkan medali emas, perak dan perunggu,” tuturnya.

Achmad menyampaikan bahwa pihaknya memiliki tanggung jawab dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam berolahraga, selain untuk meningkatkan prestasi kota dalam bidang olahraga juga untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Kota Cimahi. Oleh karena itu Pemkot Cimahi terus menjalin hubungan baik dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi dalam pembinaan para pelajar untuk persiapan pertandingan baik di tingkat Provinsi atau pun nasional.

Disbudparpora Kota Cimahi Gelar Kompetisi Pelajar Bola Voli Tingkat SMP/MTS

Ia pun yakin melalui pengembangan kegiatan olahraga dapat dikembangkan aspek-aspek holistik dalam diri seseorang seperti budi pekerti luhur, sehat jasmani/rohani, berharkat dan bermartabat, terampil hidup, terampil berpikir kritis, berempati dan bertanggung jawab dalam mewujudkan kehidupan pribadi, masyarakat dan bangsa.

Terakhir, Achmad berpesan pada seluruh peserta Kopel Cabor Voli Tingkat SMP/MTS Kota Cimahi untuk selalu menjaga dan mengedepankan sportivitas selama kompetisi berlangsung.

“Kepada adik-adik peserta Kompetisi Olahraga Pelajar tetap junjung tinggi sportivitas, terima kasih semangat pagi, salam olahraga!” pungkasnya.

(Sumber : Humas Kota Cimahi)

(DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *