Surya Nenggala

Bupati Ikfina Hadiri Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat Kecamatan Gondang

Foto:Swt/Ar

Bupati Ikfina Hadiri Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat Kecamatan Gondang

www.suryanenggala.id – Kabupaten Mojokerto. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat (SOTH) di Kecamatan Gondang. Pada kesempatan Itu Bupati Ikfina mengapresiasi para peserta dan penyelenggara SOTH, menurutnya dengan adanya program SOTH ini akan banyak membantu para orang tua untuk mendidik dan membesarkan anaknya dengan baik.

Bupati yang juga merupakan Bunda Paud Kabupaten Mojokerto itu juga menjelaskan bahwa tanpa adanya program SOTH yang diinisiasi oleh BKKBN ini, para orang tua kini bisa saja menjadikan didikan dan asuhan orang tuanya terdahulu seperti pedoman. Hal ini tentunya belum sepenuhnya tepat, apalagi apabila pola asuh orang tua terdahulu yang mencerminkan kekerasan, tentu harus dihindari.

“Ini (SOTH) adalah sesuatu yang sangat luar biasa, karena kita ini menjadi orang tua tidak ada sekolahnya, tidak ada materi tentang bagaimana sih menjadi orang tua, sehingga kita secara tidak sadar mencontoh dengan cara orang tua kita menjadi orang tua untuk kita dahulu, padahal mungkin di dalamnya ada praktik (asuh) kurang baik,” jelasnya di Wisata Kolam Renang Balekambang, Desa Padi Gondang.

Pada arahannya, Bupati Ikfina juga menjelaskan terkait pandangnya kedepan, Ia menginginkan agar nanti ayah juga dilibatkan. Sebab sosok ayah memiliki peran vital yang tidak bisa digantikan oleh ibu. Misalnya saja pertahanan diri dan rasa percaya diri. Anak yang ketika mengalami pembulian, tidak berani untuk mengelak, tidak berani berteriak, atau bahkan tidak berani menolak bisa disebabkan karena kurangnya peran Ayah. Sehingga anak tersebut menjadi tidak percaya diri, dan tidak berani menghadapi masalah.

Bupati Ikfina Hadiri Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat Kecamatan Gondang
Foto:Swt/Ar

“Mungkin nanti kita akan terus berbenah untuk SOTH ayah, karena ada hal yang Ibu tidak bisa gantikan dari peran ayah, seperti belajar percaya diri, mengambil suatu resiko, dan belajar menghadapi segala hal. Itu semua bisa didapatkan dari seorang ayah, peran Ibu tetap paling besar, tetapi pada saat-saat tertentu butuh Ayah untuk hadir,” tandas bupati.

Wisuda yang digelar pada Kamis (19/9) pagi itu, diikuti oleh 71 wisudawan orang tua yang berasal dari tiga BKB (Bina Keluarga Balita) di Kecamatan Gondang, yaitu BKB Mawar Desa Pohjejer, BKB Tunas Mulia Desa Padi, dan BKB Anggrek Desa Jatidukuh.

Tampak yang juga turut hadir pada Wisuda Sekolah Orang Tua Hebat itu adalah Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mojokerto, Camat dan Forkopimca Gondang, Bunda PAUD Kec. Gondang, Kepala Desa Padi, Kepala Desa Jatidukuh, dan Kepala Des Pohjejer.

(Sumber : Diskominfo Kab Mojokerto)

(Bad;gd)

Exit mobile version