Detik-Detik Proklamasi HUT RI ke 79 Kecamatan Dolopo Diiringi Bunyi Sirine Selama 60 Detik

oleh
Foto : Wid / Suryanenggala

Detik-Detik Proklamasi HUT RI ke 79 Kecamatan Dolopo Diiringi Bunyi Sirine Selama 60 Detik

www.suryanenggala.id -Madiun. Upacara dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun, yang dilaksanakan di Lapangan Beran Kelurahan Bangunsari Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun Sabtu, 17/08/24, berjalan dengan lancar dan khidmat.

Disampaikan oleh pembawa acara demi tertib dan khidmatnya upacara bagi yang membawa handphone dan alat komunikasi lainnya Dimohon untuk dinonaktifkan atau diatur dalam mode silent selama Upacara berlangsung.

Upacara dipimpin Camat Dolopo Hari Fajar Nugroho, S.Sos., M. Si. selaku inspektur upacara.

Detik-Detik Proklamasi HUT RI ke 79 Kecamatan Dolopo Diiringi Bunyi Sirine Selama 60 Detik

Juga pejabat-pejabat lain yang terlibat dalam peringatan HUT RI ke 79 ini upacara Komandan Upacara Aiptu Hendri Setiawan. SH Bhabinkamtibmas Desa Dolopo, bertindak selaku perwira upacara Yofpi Prio Siswantoro, S. Kom jabatan kasi trantib Kecamatan Dolopo, bertindak selaku ajudan inspektur upacara Heri Cahyono kasi kesra Kelurahan Bangunsari.

Pembina Paskibra Aiptu Hendri Setiawan, Aipda Widodo, dari polsek Dolopo, Sertu Johan Wahyudi Serda Wawan sadi Tria Putra anggota Koramil Dolopo.

Pasukan pembawa bendera merah putih atau Paskibra dari SMA Negeri 1 Dolopo, MAN 3 Madiun dan SMK Ma’arif Dolopo. Regu paduan suara dari SMP Negeri 1 Dolopo, kemudian pembaca teks proklamasi kepala sekolah Kradinan Ayudi Dani Saputro S.Pd, dan pembaca doa kepala KUA Kecamatan Dolopo Bapak Asnawi SAG.

Tepat pukul 07.30 WIB upacara Upacara bendera memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia ke 79 Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun dimulai.

Detik-Detik Proklamasi HUT RI ke 79 Kecamatan Dolopo Diiringi Bunyi Sirine Selama 60 Detik

Persiapan pasukan, setelah persiapan pasukan dan pasukan telah siap untuk melaksanakan upacara komandan upacara memasuki lapangan. Kemudian muspika Kecamatan Dolopo tiba di lapangan upacara kemudian berjalan menuju mimbar undangan. Setelah undangan dipersilakan duduk di tempat yang telah disediakan sejenak menunggu dimulainya rangkaian upacara.

Setelah semuanya siap Camat Dolopo selaku inspektur upacara memasuki lapangan upacara, dilanjutkan penghormatan pasukan, setelah selesai penghormatan pasukan laporan Komandan upacara.

Persiapan pengibaran bendera merah putih pasukan pengibar bendera memasuki lapangan upacara dan undangan di mohon berdiri. Pada saat seperti inilah pasukan pengibar bendera merah putih diuji seluruh peserta upacara menunggu dan menanti dengan degup jantung kencang. Setelah teriakan siap oleh pengibar bendera, dilakukan penghormatan kepada bendera merah putih dipimpin oleh Komandan upacara. Diiringi lagu Indonesia Raya bendera Setapak demi Setapak sampai ke Puncak tiang. Setelah pengibar bendera merah putih selesai melaksanakan tugas dilanjutkan Andika Bhayangkari kemudian laporan Komandan upacara, penghormatan pasukan dipimpin oleh Komandan upacara. Setelah semua tahapan usai inspektur upacara berkenan meninggalkan lapangan upacara menuju mimbar undangan.

Detik-detik proklamasi diiringi bunyi sirine selama 60 detik persiapan pembacaan teks proklamasi dilanjutkan dengan tanda kebesaran buka.

Dilanjutkan pembacaan teks proklamasi setelah pembacaan teks proklamasi selesai tanda kebesaran tutup. Begitu terasanya keheningan saat inspektur upacara mentampaikan Mengheningkan Cipta. Selesai Mengheningkan Cipta lanjutkan dengan pembacaan doa.

Acara-acara tambahan untuk hiburan adalah persembahan Pocil Kecamatan Dolopo, kemudian ada juga persembahan drama kolosal dari MTS Negeri 1 Madiun, dan lagu-lagu perjuangan dari SMP Negeri 1 Dolopo.

Upacara selesai inspektur upacara berkenan meninggalkan mimbar undangan dan diikuti oleh peserta undangan yang lainnya, terakhir pasukan dapat dibubarkan.

(Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *