Jelang Pilkada 2024, Bupati Ikfina Hadiri Simulasi Sispamkota Polres Mojokerto

oleh
Jelang Pilkada 2024, Bupati Ikfina Hadiri Simulasi Sispamkota Polres Mojokerto
Foto:Ajb/Ar

Jelang Pilkada 2024, Bupati Ikfina Hadiri Simulasi Sispamkota Polres Mojokerto

www.suryanenggala.id – Kabupaten Mojokerto. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) Operasi Mantap Praja Semeru 2024. Simulasi ini gelar sebagai bentuk upaya dalam mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Mojokerto mendatang.

Simulasi pengamanan Pilkada 2024 yang berlangsung di lapangan apel Polres Mojokerto, Jalan Gajah Mada Mojosari ini disaksikan langsung Kapolres Mojokerto AKBP Ihram Kustarto, serta jajaran Forkopimda, perwakilan KPU dan Bawaslu, perwakilan kepala OPD, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pada pelaksanaannya, simulasi itu diawali dengan pengamanan tahap kampanye. Selanjutnya Polisi bersama TNI juga menjaga ketat setiap paslon dan simpatisannya yang menggelar kampanye.

Tak hanya itu pada masa tenang, jajaran polisi, TNI, dan Satpol PP juga akan melaksanakan penyisiran alat peraga kampanye yang belum dicopot. Serta terdapat pula simulasi polisi yang menampilkan skenario penanganan demo ricuh karena perselisihan hasil Pilkada.

“Pagi ini kami gelar peragaan Sispamkota Operasi Mantap Praja Semeru 2024 yang kami laksanakan mulai Agustus sampai pencoblosan dan pelantikan. Semoga Mojokerto aman,” ujar Ihram, Kamis (15/8) pagi.

Ihram juga menjelaskan, sedikitnya 1.600 personil akan diterjunkan dalam Operasi Mantap Praja Semeru untuk menjaga keamanan Pilkada 2024 di wilayah hukumnya.

Lanjut Ihram, personil yang akan disiapkan terdiri dari personil Polres Mojokerto, TNI, Satpol PP serta penguatan personil dari stakeholder lainnya. Ia juga menilai, pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Mojokerto termasuk dalam kategori aman.

“Namun, kami tidak mau under estimate. Saya pastikan melalui Sispamkota yang kami laksanakan tadi, saya laksanakan tindakan tegas kepada para pelaku pelanggar hukum, saya tidak pandang bulu,” tandasnya.

Jelang Pilkada 2024, Bupati Ikfina Hadiri Simulasi Sispamkota Polres Mojokerto
Foto:Ajb/Ar
Jelang Pilkada 2024, Bupati Ikfina Hadiri Simulasi Sispamkota Polres Mojokerto
Foto:Ajb/Ar

Usai menyaksikan simulasi Sispamkota, selanjutnya para jajaran Forkopimda Kabupaten menggelar rakor lintas sektoral Operasi Mantap Praja Semeru 2024 dalam rangka pengamanan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah tingkat provinsi dan Kabupaten Mojokerto secara serentak di wilayah hukum Polres Mojokerto.

Dalam arahannya, Bupati Ikfina mengatakan, sesuai amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo untuk selalu meningkatkan sinergitas antara stakeholder serta tidak ada permasalahan terhadap pembiayaan Pilkada.

“Pertama yang beliau pesankan adalah bahwa untuk masalah pembiayaan semuanya sudah harus clear, berikutnya yang disampaikan adalah memerintahkan kepada kami semua untuk berkomunikasi dengan Forkopimda dalam mengupayakan keamanan selama proses Pilkada serentak berlangsung,” ujarnya.

Bupati Ikfina juga menjelaskan, bahwa pelaksanaan Pilkada serentak mendatang merupakan pertama kali berlangsung di Indonesia, sehingga sangat penting menjaga situasi aman di Bumi Majapahit.

Untuk mendukung situasi aman, maka orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto menghimbau agar seluruh personil dapat menjaga keamanan wilayahnya masing-masing.

“Mohon dengan sangat agar upaya-upaya kesiapan dan persiapan pada berbagai permasalahan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Mojokerto 2024 untuk bisa kita perhatikan dan kita selesaikan sebelum muncul permasalahan yang bisa membahayakan kondisi keamanan di Kabupaten Mojokerto,” pungkasnya.

(Sumber : Diskominfo Kab Mojokerto)

(Prm;gd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *