Surya Nenggala

Tim SAR Gabungan Temukan Zahra di Sungai Sonosari Malang

Tim SAR Gabungan Temukan Zahra di Sungai Sonosari Malang

www.suryanenggala.id – Malang. Zahra (3,5) seorang Balita asal dusun Sonosari, kecamatan Pakisaji, kabupaten Malang, pada Minggu (4/7/2024) sekitar pukul 09.30 WIB, ditemukan keberadaannya pada hari keempat pencarian.

Kepala Kantor SAR Kelas A Surabaya, Muhamad Hariyadi mengatakan, tim SAR gabungan menemukan Zahra sudah dalam kondisi meninggal di lokasi yang berjarak sekitar 47 kilometer dari lokasi kejadian.

Setelah dievakuasi dari lokasi penemuan, selanjutnya tim SAR gabungan mengantarkan jenazah korban ke rumah duka dan menyerahkannya kepada pihak keluarga.

Sebelumnya dalam upaya pencarian korban ini, lanjut Hariyadi, sebanyak tiga SRU (Search and Rescue Unit) telah dikerahkan untuk berupaya menemukan kebe radaan korban.

Sebanyak 2 SRU dikerahkan untuk menyisir sungai dengan tehnik body rafting. Hal ini dilakukan karena kondisi debit air sungai yang sedang surut, sehingga tidak memungkinkan bagi tim SAR gabungan untuk menurunkan perahu karet.

Tim SAR Gabungan Temukan Zahra di Sungai Sonosari Malang

Untuk mengoptimalkan upaya pencarian, tim SAR gabungan menempatkan satu SRU lagi untuk melakukan pemantauan di beberapa lokasi di sepanjang aliran sungai.Tim SAR gabungan juga menyebarkan informasi kejadian yang dialami korban kepada warga sekitar.

Dengan penyebarluasan informasi tersebut, diharapkan jika ada warga yang melihat posisi korban, agar segera melaporkannya kepada tim SAR gabungan agar bisa ditindaklanjuti.

Upaya pencarian dan evakuasi korban ini berhasil berkat kerjasama yang baik dari sejumlah pihak, diantaranya dari tim operasi Kantor SAR Kelas A Surabaya, Polsek Pakisaji, Koramil Pakisaji, BPBD kabupaten Malang, PMI, Satpol PP, SAR Pakem, SAR Bhayangkara, SAR Kanjuruhan, Lintamal, SAR Awangga, PPMR, Rescue Bululawang, Gimbal Alas, SAR Samudera, KRI, MSR, SAR Mahameru dan sejumlah potensi SAR lainnya.

(Sumber : Humas Basarnas)

(As)

Exit mobile version