Safari Ziarah Makam Leluhur Awali Bedhol Pusaka Pra-Kirab Grebeg Suro Ponorogo

oleh
Foto : Humas Kominfo Ponorogo

Safari Ziarah Makam Leluhur Awali Bedhol Pusaka Pra-Kirab Grebeg Suro Ponorogo

www.suryanenggala.id -Ponorogo. Sudah menjadi adat & tradisi Kabupaten Ponorogo dalam menyambut bulan Suro tiap tahunnya. Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Ponorogo dengan bekerja sama antar berbagai pihak. Salah satunya, rombongan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko atau yang lebih akrab disapa kang Giri melakoni jadwal padat saat bersafari ziarah makam leluhur. Kamis, (4/7/2024).

Safari Ziarah Makam Leluhur Awali Bedhol Pusaka Pra-Kirab Grebeg Suro Ponorogo
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat ziarah makam

“Ada lima lokasi makam yang diziarahi beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ponorogo dan sejumlah kepala dinas itu,” terang kang Giri.

Ziarah juga berlangsung di Astana Srandil di Desa Srandil Kecamatan Jambon, tempat RM Mertokusumo (patih Kabupaten Polorejo) dimakamkan. Selanjutnya , Bupati beserta rombongan berziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wira Patria Paranti. “Mudah-mudahan para leluhur kita diampuni dosanya dan ditempatkan di surganya Allah,” ungkapnya.

Setiap kali berziarah, rombongan selalu memanjatkan doa dan menaburkan bunga di pusara. Selain itu, panitia besar Grebeg Suro sudah menunjuk imam doa di masing-masing makam.

“Juga mendoakan Ponorogo tata tentrem kerta raharja (tertib, tentram, serta sejahtera, dan berkecukupan dalam segala hal),” terang Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo Judha Slamet Sarwo Edi.

Menurut dia, safari ziarah makam ikut mengawali rangkaian upacara di Grebeg Suro yang berlanjut dengan bedol tiga pusaka dari Pringgitan (rumah dinas bupati Ponorogo) untuk diarak ke area makam Batoro Katong. Yakni tombak Kyai Tunggul Naga, Angkin Cinde Puspita, dan Payung Kyai Tunggul Wulung diinapkan semalam sebelum dikirab pulang ke Pringgitan menjelang datangnya 1 Muharram.

Sumber : Humas Kominfo Kab. Ponorogo

(Wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *