Bupati Ikfina Hadiri Upacara Ambal Warsa Kutha Mojokerto Ke-106

oleh
Bupati Ikfina Hadiri Upacara Ambal Warsa Kutha Mojokerto Ke-106
Foto:Mki/Ar

Bupati Ikfina Hadiri Upacara Ambal Warsa Kutha Mojokerto Ke-106

www.suryanenggala.id – Kabupaten Mojokerto. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menghadiri upacara Ambal Warsa Kutha Mojokerto ke-106. Upacara yang dilaksanakan Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto ini berlangsung di Alun-alun Wiraraja, Kota Mojokerto, Kamis, (20/6) pagi.

Upacara tersebut dilaksanakan pertama kalinya dengan menggunakan bahasa Jawa. Mulai dari pembawa acara, instruksi pemimpin upacara, hingga amanat upacara. Para tamu mengenakan pakaian Khas Kota Mojokerto yang menjadikan suasana upacara Hari Jadi Kota Mojokerto kali ini spesial.

Alun-alun Wiraraja tempat pelaksanaan upacara pun didesain khas Majapahitan. Tak ketinggalan, penampilan tari kolosal Remo dari 106 siswi SMP se-Kota Mojokerto ini turut dihadirkan sebagai upaya pelestarian nilai tradisi dan budaya bagi generasi muda. Sehingga, konsep budaya dan sejarah Majapahitan yang disuguhkan ini selaras dengan tema hari jadi yakni ‘Menuju Kota Wisata Sejarah yang Mandiri, Berdaya Saing, dan Berdampak’.

“Tema Hari Jadi ke-106 Kota Mojokerto ini terinspirasi dari masa kejayaan Kerajaan Majapahit yang memiliki makna filosofis begitu dalam (terjemah),” ungkap Pejabat (Pj) Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro, dalam amanatnya, saat memimpin upacara HUT Kota Mojokerto ke-106.

Ali melanjutkan, diantaranya, merefleksikan semangat kedaulatan, kekuatan, kerjasama dan solidaritas dalam membangun Kota Mojokerto serta cita-cita untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Mojokerto.

Bupati Ikfina Hadiri Upacara Ambal Warsa Kutha Mojokerto Ke-106
Foto:Mki/Ar
Bupati Ikfina Hadiri Upacara Ambal Warsa Kutha Mojokerto Ke-106
Foto:Mki/Ar

“Fakta sejarah luhur yang dimiliki oleh Mojokerto. Baik dari era kejayaan Majapahit, masa perjuangan hingga kemerdekaan, diharapkan bisa senantiasa memperkuat nilai-nilai budaya fondasi kehidupan masyarakat Kota Mojokerto,” terangnya .

Acara upacara ini juga semakin meriah dengan penampilan dari Ola Elannor, putra daerah asli Mojokerto jebolan Indonesian Idol 2020. Alunan suara emasnya berhasil membuat segenap hadirin turut bergoyang.

Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penganugerahan tanda kehormatan ‘Lencana Hasta Brata Surya Majapahit’ Kategori Emas oleh Pj Ali Kuncoro. Penghargaan ini diberikan Pemkot Mojokerto kepada sejumlah sosok yang dinilai telah berjasa membangun Kota Mojokerto dalam berbagai bidang.

Diantara lain Danrem 082/CPYJ Mojokerto Kolonel Inf. Heri Rustandi, Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Inf. Iqbal Prihanta Yudha, Kapolres Mojokerto Kota AKBP Daniel S. Marunduri, Kejari Kota Mojokerto Bobby Ruswin, Ketua PN Mojokerto Ida Ayu Sri Adriyanthi Astuti Widja, dan Wali kota Mojokerto periode 2018-2023 Ika Puspitasari.

(Sumber : Diskominfo Kab Mojokerto)

(Dhn;gd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *