Dinas PUPR Kabupaten Madiun Laksanakan Sosialisasi Program Pembangunan SPALD-S

oleh
Foto : Cris/Suryanenggala

Dinas PUPR Kabupaten Madiun Laksanakan Sosialisasi Program Pembangunan SPALD-S

www.suryanenggala.id -Madiun. Dinas PUPR Kabupaten Madiun melaksanakan sosialisasi program Pembangunan Sistem Pengolahan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) tahun 2024. Pelaksanaan kegiatan bertempat di Pendopo Kelurahan Bangunsari kecamatan Dolopo, Kamis (09/05/2024).

Hadir dalam giat tersebut Eli wijayanti dari DPUPR Kabupaten Madiun, Bambang Djatmiko.SH. lurah Bangunsari, Drs, Sutrisno ketua LPMK. Selanjutnya , Babinsa & Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat serta warga calon penerima manfaat.

Dinas PUPR Kabupaten Madiun Laksanakan Sosialisasi Program Pembangunan SPALD-S
Peserta sosialisasi calon penerima manfaat

Tujuan sosialisasi ini sendiri adalah untuk memberikan penjelasan program dan pemahaman kepada pemerintah desa dan kelurahan. Terutama dalam rangka mengurangi pencemaran air limbah sekaligus menyampaikan informasi tentang proses tahapan dan mekanisme pelaksanaanya.

Menurut Eli, dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan ini akan dilakukan di 12 desa dan 2 kelurahan se-kabupaten Madiun.

Ketika dikonfirmasi, Bambang Djatmiko menjelaskan bahwa warga kelurahan Bangunsari menerima bantuan pembangunan sebanyak 50 titik rumah.

“Bilik tangki septitank dan resapan khususnya septitank yang didahulukan untuk mengurangi angka stunting dan kemiskinan ekstrem. Semoga bantuan ini dapat terlaksana dengan lancar serta mendapat keberkahan. Yang paling utama untuk kesejahteraan masyarakat,” harap Bambang.

Dalam paparannya, Sriani sebagai Tenaga Fasilitator Lapangan ( TFL ) bidang teknik menjelaskan, semua teknik dan tahapan -tahapan pelaksanaan serta prosentase tahap pengajuan pencairan anggaran.

Sementara itu, Arni Priawan selaku Tenaga Fasilitator Lapangan ( TFL ) bidang pemberdayaan juga menyampaikan terkait anggaran program pengelolaan dan pengembangan sistem air limbah domestik ini sebesar Rp.580.850.000,00. Dengan rincian Rp .11.600.000 per penerima yang bersumber pada dana Alokasi khusus (DAK) anggaran 2023.

Dinas PUPR Kabupaten Madiun Laksanakan Sosialisasi Program Pembangunan SPALD-S
Penandatanganan Surat pernyataan oleh ketua KSM

Sosialisasi diakhiri dengan penandatangan surat pernyataan kesanggupan KSM oleh Wahyu Utomo sebagai ketua Kelompok swadaya Masyarakat( KSM) kelurahan Bangunsari.

“Mudah-mudahan dengan adanya program ini, masyarakat tidak lagi buang air besar sembarangan. Sehingga cita-cita Pemerintah dalam mengurangi pencemaran di daerah ini dapat terwujud. Pungkasnya.

( Kris )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *