Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke-731, Bupati Mojokerto Sampaikan Sederet Prestasi Dan Pembangunan Di Bumi Majapahit

oleh
Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke-731, Bupati Mojokerto Sampaikan Sederet Prestasi Dan Pembangunan Di Bumi Majapahit
Foto:Omn/Ar

Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke-731, Bupati Mojokerto Sampaikan Sederet Prestasi Dan Pembangunan Di Bumi Majapahit

www.suryanenggala.id – Kabupaten Mojokerto. Dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto tahun 2024, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menyampaikan deretan prestasi dan capaian pembangunan yang ada di Bumi Majapahit. Hal tersebut disampaikan Bupati Ikfina ketika menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Mojokerto.

Pelaksanaan rapat paripurna yang berlangsung di Gedung Graha Wichesa DPRD Kabupaten Mojokerto, Basuni, Sooko, Kabupaten Mojokerto, Rabu (8/5) pagi. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Ayni Zuhro serta Wakil DPRD Kabupaten Mojokerto Any Mahnunah dan Mokhamad Sholeh.

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina menjelaskan, bahwa Hari Jadi Kabupaten Mojokerto telah ditetapkan tanggal 9 Mei 1293. Penetapan tersebut telah melalui diskusi panjang dengan memperhatikan berbagai fakta sejarah terkait rangkaian peristiwa yang terjadi pada saat itu.

Sehingga momen tersebut, dapat dijadikan sebagai konsideran utama untuk membuat keputusan politik DPRD Kabupaten Mojokerto sebagai hari jadi Kabupaten Mojokerto melalui Keputusan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Nomor: 9 Tahun 1993 tanggal 8 Mei 1993 tentang persetujuan penetapan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto.

“Yang selanjutnya ditetapkan dengan Keputusan Bupati Kepala Daerah tingkat II Mojokerto Nomor: 230 Tahun 1993 tanggal 8 Mei 1993 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Mojokerto,” ujarnya.

Selain itu, pada Peringatan Hari Jadi ke-731 Kabupaten Mojokerto yang bertajuk ‘Bersama, Berkarya, Berjaya’. Bupati Ikfina mengharapkan, seluruh masyarakat dapat kompak dalam mewujudkan Kabupaten Mojokerto yang maju, adil dan makmur.

“Saya berharap seluruh mayarakat bekerja keras untuk bersama, berkarya dan berjaya, sehingga terwujud Kabupaten Mojokerto yang maju, adil dan makmur melalui penguatan infrastruktur dan peningkatan kualitas sumber daya manusia,” ucapnya.

Bupati Ikfina juga mengatakan, dalam menghadapi konstelasi sosial, politik, ekonomi, hukum serta keamanan dan ketertiban, baik skala regional maupun nasional ke depan yang semakin kompleks dan heterogen ditengah masyarakat, maka Ia menilai, sebagai pelayan masyarakat harus mampu menjawab permalasahan tersebut secara cepat, tepat, dan akurat.

“Kita patut bersyukur, bahwa sampai saat ini kita telah berhasil menyikapi berbagai permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan program pembangunan utamanya pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana jalan, pasar dan lain-lain sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Mojokerto,” bebernya.

Lebih lanjut, dalam menyukseskan berbagai program Pemerintah Kabupaten Mojokerto, Ia menilai perlu formulasi langkah dan strategi yang tepat dan akurat dengan dilandasi semangat kekompakan dan kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta keteladanan dan kearifan.

“Untuk merealisasikan hal tersebut, diperlukan kualitas kerjasama yang harmonis dan sinergitas antara legislatif dan eksekutif serta partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat lokal dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan,” ujarnya.

Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke-731, Bupati Mojokerto Sampaikan Sederet Prestasi Dan Pembangunan Di Bumi Majapahit
Foto:Omn/Ar

Pada kesempatan ini pula, orang nomor satu dilingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menjelaskan beberapa penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten Mojokerto antara lain:

1. Pemkab Mojokerto sukses mempertahankan opini WTP ke-10 kali berturut-turut. Penghargaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2023.

2. Penghargaan sebagai pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (k3) terbaik VII di tingkat provinsi jawa timur tahun 2024.

3. Penghargaan sertifikat Adipura 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI.

4. Penghargaan Kabupaten Mojokerto kabupaten/kota layak anak (KLA) 2023 kategori madya.

5. Penghargaan penilaian sistem merit dari Komisi Aparatur Sipil Negara (kasn), dengan raihan skor mencapai 263 atau berpredikat ‘baik’.

6. Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2023 kategori nindya.

7. Penghargaan kabupaten sehat tahun 2023 kategori swasti saba padapa.

8. Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) tahun 2023.

9. Penghargaan TOP BUMD awards 2022 yakni TOP Pembina BUMD 2022, TOP BUMD Awards 2022 BPR bintang 4, dan TOP CEO BUMD 2022.

Lebih lanjut, pada momentum Hari Jadi Kabupaten Mojokerto tahun 2024, Bupati Ikfina juga meresmikan beberapa proyek antara lain, rehabilitasi Mal Pelayanan Publik.

Kedua, rehabilitasi jalan ruas Kemlagi– Beratkulon yang berlokasi di Desa Mojopilang, Kecamatan Kemlagi. Ketiga, pembangunan gedung kantor dan pembangunan gedung sekretariat bersama (sekber) di Desa Sooko, Kecamatan Sooko.

Keempat, rehabilitasi gedung pelayanan Puskesmas Kemlagi. Kelima, pembangunan gudang penyimpanan tembakau yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau (DBHCHT). Keenam, pembangunan zona aktif II TPA Karangdiyeng di Desa Karangdiyeng, Kecamatan Kutorejo.

“Selanjutnya pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Sekumpul Mojo di Desa Mojokumpul, Kecamatan Kemlagi melalui bantuan keuangan (BK) desa tahun 2023 dengan anggaran Rp.4.000.000.000,” jelasnya.

Peringati Hari Jadi Kabupaten Mojokerto Ke-731, Bupati Mojokerto Sampaikan Sederet Prestasi Dan Pembangunan Di Bumi Majapahit
Foto:Omn/Ar

Diakhir sambutannya, orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto juga menyampaikan terimakasih kepada perangkat daerah dan seluruh pihak terkait yang telah membantu mewujudkan berbagai kegiatan pembangunan di Kabupaten Mojokerto.

“Saya berharap melalui peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-731, kita jadikan sebagai momentum untuk lebih memacu diri dan lebih bersemangat dalam mengabdi dan membangun kabupaten mojokerto ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Diketahui, pada pelaksanaan rapat paripurna kali ini, juga turut dihadiri jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Wakil Bupati Mojokerto Muhammad Albarraa, Sekretaris Daerah Kabupaten Mojokerto Teguh Gunarko, para asisten dan staf ahli Bupati Mojokerto, Para anggota Forkopimda, Kepala Perangkat Daerah dan Direktur BUMD dan Camat se-Kabupaten Mojokerto.

(Sumber : Diskominfo Kab Mojokerto)

(Prm;Nis;gd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *