IPSI Gelar Penataran Wasit Juri Daerah Kelas III Jawa Timur

oleh
IPSI Gelar Penataran Wasit Juri Daerah Kelas III Jawa Timur

IPSI Gelar Penataran Wasit Juri Daerah Kelas III Jawa Timur

www.suryanenggala.id – Surabaya. Ratusan peserta Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Jawa Timur ikuti penataran wasit juri Daerah kelas III Jawa Timur (Jatim) yang akan berlangsung selama 3 hari pada 25-28 Januari 2024, di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya.

Kegiatan yang digelar sebagai wadah guna meningkatkan kompetensi serta bakat para atlet-atlet muda. Sehingga penataran wasit juri pencak silat baik dari Kabupaten/Kota dan Provinsi yang ada di kelas III Jatim memiliki kompetensi unggul dalam bertanding.

Sebanyak 113 peserta wasit juri, terdiri dari 17 wasit juri Perempuan dan 96 wasit juri laki – laki dari seluruh provinsi Jawa Timur Nampak antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan penataran yang digelar selama tiga hari ini.

Supratomo, Ketua IPSI Jatim periode 2022-2026 ini mengapresiasi prestasi dari seluruh wasit juri yang mengikuti penataran daerah kelas III ini.

“Sebagai wasit juri Daerah pencak silat Jatim, wajib memiliki 3 kompetensi utama. Jika salah satu dari 3 kompetensi utama tersebut tidak ada pada Wasit Juri, maka penataran untuk bisa naik kelas III ini tidak akan lolos” Ungkap Supratomo, saat diwawancarai pada Kamis, (25/1/2024).

Supratomo menjelaskan, 3 kompetensi yang dimaksud yakni, Pertama Knowledge (Pengetahuan) harus selalu di update terus dan wajib karena banyak aturan pertandingan yang akan terus berkembang. Kedua Skill (Kemampuan) dalam melaksanakan tugas yang dimiliki harus obyektif dan tidak boleh subyektif atau bias pada peraturan yang ada. Ketiga, Wasit juri wajib memiliki attitude (Sikap) yang baik dan mendasar sesuai dengan aturan pencak silat Jatim karena Pencak Silat masuk dalam cabor olahraga Porprov.

“Jangan sampai kita berkelahi diluar dengan membawa almamater pencak silat sebagai dalih, namun harus menggunakan pencak silat sebagai kompetensi pertandingan guna mendulang prestasi. Seperti gelaran pertandingan resmi dari IPSI Jatim, Porprov juga ajang prestasi lainnya. Jadi tidak hanya meningkat secara kualitas namun kuantitas, untuk itu mari bersama meningkatkan prestasi juga menjaga nama baik serta melestarikan pencak silat sebagai salah satu budaya asli Indonesia” tutupnya.

Senada, dalam sambutannya Wigatiningsih, Selaku Ketua LSBO PWM Jatim dan Ketua Panitia IPSI Jatim mengucapkan terima kasih atas kehadiran para peserta penataran wasit juri daerah IPSI Jatim yang akan mengikuti kompetensi untuk naik kelas III.

“Apresiasi luar biasa kami sampaikan, ratusan wasit juri dari berbagai daerah di Jawa Timur sangat antusias mengikuti penataran untuk naik kelas III. Semoga para peserta lolos semuanya dan dinyatakan kompeten dibidangnya. Terimakasih sumbangsihnya pada IPSI Jatim karena pada malam hari ini bisa mengikuti rangkaian acara secara mandiri sepenuh hati” Pungkas Wigati.

Kabid Binpres KONI Jatim, Dudi Harjantoro dalam hal ini mewakili Ketua KONI Jatim turut mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini. Ia berharap semua wasit juri lulus dan bisa melanjutkan ke level kelas kelas berikutnya, yakni kelas 2 dan kelas 1 hingga mampu masuk sebagai wasit juri tingkat nasional.

(As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *