Bupati Mojokerto Terus Gencar Kampanyekan ‘Jum’at CERIA’

oleh
Bupati Mojokerto Terus Gencar Kampanyekan 'Jum'at CERIA'
Foto:Rsk/Ar

Bupati Mojokerto Terus Gencar Kampanyekan ‘Jum’at CERIA’

www.suryanenggala.id – Kabupaten Mojokerto. Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati gencar mengampanyekan ‘Jumat CERIA’. ‘Jumat CERIA’ sendiri merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Mojokerto dalam menangani stunting di wilayah kerjanya.

Agenda Jumat CERIA (Cantik, Energik, Rajin, Inovatif dan Aktif) itu digelar di halaman sekolah MTSN 1 Mojokerto, Desa Tunggalpager, Kecamatan Pungging, Kabupaten Mojokerto (26/1) pagi. Program yang digagas Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto ini sekaligus mengajak seluruh remaja putri yang merupakan calon ibu untuk bersama-sama membiasakan minum tablet tambah darah.  

“Tablet Tambah Darah tersebut mohon untuk dikonsumsi setiap seminggu sekali yaitu hari Jum’at. Jadi kalau kekurangan darah anak-anak bisa meminum tablet tambah darah ini, ” tutur Ikfina.

Orang nomor satu dilingkup Pemkab Mojokerto ini menjelaskan, jika saat ini Indonesia sedang menghadapi permasalahan cukup besar yakni terkait stunting. Balita yang gagal tumbuh atau stunting salah satunya juga diakibatkan kurang darah atau anemia pada ibu hamil. Kekurangan darah tidak hanya terjadi saat ibu hamil saja.

Bupati Mojokerto Terus Gencar Kampanyekan 'Jum'at CERIA'
Foto:Rsk/Ar
Bupati Mojokerto Terus Gencar Kampanyekan 'Jum'at CERIA'
Foto:Rsk/Ar

“Anemia juga dapat menimpa perempuan saat usia remaja. Jadi kita harus bersama-sama berupaya bagaimana semua yang ada di sini tidak ada kekurangan darah. Menstruasi salah satu penyebab wanita kekurangan darah sehingga para siswa agar mengkonsumsi makanan mengandung zat besi,” ungkapnya.

Makanan mengandung zat besi, lanjut Ikfina, menjadi pendukung utama dalam memproduksi sel darah merah. Seperti bayam, kacang-kacangan dan makanan yang paling tinggi kandungan zat besinya yaitu hati, bisa hati ayam, hati kambing, hati sapi, udang dawu dan kuning telur.

“Sepertiga hingga dua pertiga remaja putri mengalami kekurangan darah. Sehingga hal ini dapat membahayakan remaja putri yang kekurangan zat besi tidak hanya mengakibatkan kekurangan darah. Namun juga menyebabkan tubuh lemas, mata berkunang-kunang, trus kalau di kelas bawaannya ngantuk terus,” pungkasnya.

Diakhir kegiatan, secara bersama-sama, Bupati Ikfina dan para siswi MTSN 1 Mojokerto meminum Tablet Tambah Darah. Tak hanya itu, ia juga mengimbau para siswa untuk mengonsumsi telur dan jeruk yang sudah disediakan.

Kegiatan ‘Jum’at CERIA’ kali ini turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Mojokerto, ¬†Camat Pungging dan Forkopimca, Kepala UPTD Puskesmas Pungging, Kepala UPTD Puskesmas Watukenongo, serta Kepala Desa Tunggal Pager.

(Sumber : Diskominfo Kab Mojokerto)

(Dhn;An;gd)

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *