Panwaslu Cimahi Tengah Mengajak Peran Serta Masyarakat Dalam Mengawasi Tahapan Pemilu Serentak 2024

oleh

Panwaslu Cimahi Tengah Mengajak Peran Serta Masyarakat Dalam Mengawasi Tahapan Pemilu Serentak 2024

www.suryanenggala.id – Cimahi.
Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Cimahi Tengah menggelar konferensi pers bertempat di Sekretariat Nusa Cisangkan Permai Blok C Nomor 18 Kelurahan Padasuka Kecamatan Cimahi tengah, Rabu (29/11/2023).

Dalam konferensi pers nya Ketua Pengawas Pemilu Kecamatan Cimahi Tengah Ratih Sulastri, S.Pd mengatakan beberapa kegiatan yang telah dilakukan oleh Panwaslu Kecamatan Cimahi Tengah sesuai dengan tahapan yaitu :

  1. Pengawasan data pemilih, Pengawas Pemilu Kecamatan Cimahi tengah turut mengawasi dan memastikan bahwa data pemilih yang digunakan dalam pemilu 2024 adalah Data yang Akurat dan Terkini.

“Kami telah bekerja sama dengan PPK dan PPS di kecamatan Cimahi Tengah untuk memverifikasi dan memastikan keabsahan data pemilih yang kami kawal dalam rapat pleno terbuka dari penetapan DPS, DPSHP dan DPT yang dilakukan oleh PPK kecamatan Cimahi Tengah. Di mana dalam setiap rapat pleno kami selalu memberi masukan, saran, perbaikan dan sampai sekarangpun kami masih melakukan pengawasan tahapan DPTb dan DPK di kecamatan Cimahi Tengah,” tuturnya.

Selanjut Ratih mengatakan adapun data jumlah TPS dan pemilih di Kecamatan Cimahi Tengah diantaranya:

Cigugur Tengah dengan TPS 128 dan pemilih 34.429
Baros dengan jumlah TPS 55 dan pemilih 14.370
Karangmekar jumlah TPS 43 dan pemilih 11.837
Padasuka dengan TPS 110 dan pemilih 30.142
Setiamanah dengan TPS 60 dan pemilih 16.636
Cimahi dengan TPS 36 dan pemilih 9.937

“Jadi total TPS di Cimahi Tengah sekitar 432 dengan jumlah pemilih 117.351,”jelasnya.

  1. Pengawasan sebelum masa kampanye, Pengawas Pemilu Kecamatan Cimahi Tengah diakhir bulan Oktober melakukan pendampingan terhadap Satpol PP dalam menertibkan alat peraga sosialisasi (APS) pemilu yang melanggar Perda K3.
  2. Pengawasan penetapan DCS dan DCT, berdasarkan tahapan kami juga melakukan penghawasan terhadap penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) dan Daftar Calon Tetap (DCT) dimana berdasarkan penetapan DCT oleh KPU Kota Cimahi yang dilaksanakan pada tanggal 3 November 2023.

Jumlah calon anggota DPRD kota Cimahi di wilayah kecamatan Cimahi Tengah sebagai berikut :
A. Dapil-5 (Kelurahan Cigugur Tengah, Baros dan Karangmekar) = 99 Calon
B. Dapil-6 (Kelurahan Padasuka, Setiamanah dan Cimahi) = 83 Calon

  1. Memberikan surat himbauan, Pengawas Pemilu Kecamatan Cimahi Tengah juga memberikan surat himbauan kepada Partai Politik tingkat Kecamatan terkait dengan pemasangan APS, materi muatan APS dan larangan kampanye diluar jadwal.

“Kamipun memberikan surat himbauan kepada ASN ditingkat Kecamatan,” jelasnya.

  1. Pengawasan logistik pemilu, seperti kita ketahui bersama bahwa tahapan pemilu Slserentak 2024 sudah masuk ke proses penerimaan logistik dari KPU RI ke KPU Kabupaten/Kota. Dari hasil informasi yang didapat oleh Panwaslu Kecamatan Cimahi Tengah melalui koordinasi dengan Bawaslu kota Cimahi, logistik yang baru datang di Gudang Logistic KPU Kota Cimahi (Gedung Bekas Gudang BULOG kota Cimahi) yang beralamat di Jl. Maharmartanegara No. 133 Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi Selatan yaitu :

A. Bilik suara
B. Kotak suara
C. Segel dan
D. Tinta

“Sedangkan untuk kebutuhan yang lainnya akan segera menyusul berdasarkan jadwal,” tandasnya.

Ratih mengatakan Panwaslu Kecamatan Cimahi Tengah menjadi hal yang sangat penting sekali karena merupakan salah satu tugas dan kewajiban dalam melakukan pengawasan logistik.

“Kami harus dapat memastikan bahwa logistik yang diterima harus tepat jenis, tepat jumlah, tepat kwalitas, tepat waktu, tepat sasaran dan efisien,” tegasnya.

Kami juga harus memastikan betul kebutuhan logistik ini harus sesuai dan lengkap, karena lancar atau tidaknya pelaksanaan pemilu serentak 2024 sangat dipengaruhi dengan kelengkapan logistiknya.

“Dan pengawasan ini akan kami lakukan secara periodik untuk meminimalisir hal-hal yang dapat membuat proses pelaksanaan Pemilu menjadi tidak lancar,” tambahnya.

  1. Komitment pengawas pemilu Kecamatan Cimahi Tengah, pengawas Pemilu Kecamatan Cimahi Tengah berkomitmen mengajak peran serta masyarakat dalam mengawasi setiap tahapan pemilu serentak tahun 2024.

Komitment tersebut sudah direalisasikan oleh Pengawas Pemilu Kecamatan dan Pengawas Kelurahan, dengan cara melakukan sosialisasi. Seperti sosialisasi on the road, kawal hak pilih dan manjadi narasumber untuk mensosialisasikan setiap tahapan pengawasan pemilu di setiap kegiatan pembinaan RT, RW, LPM di Kelurahan se-Cimahi Tengah.

Pengawas pemilu Kecamatan Cimahi Tengah juga menyampaikan dalam sosialisasi kepada masyarakat dengan mengajak seluruh warga masyarakat untuk turut serta dalam menjaga kebersihan pemilu dengan memberikan informasi atau laporan apabila menemukan adanya potensi pelanggaran yang mungkin terjadi di masa kampanye yang dilakukan oleh peserta pemilu yang akan di mulai dari tanggal 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

“Kami memahami pentingnya peran aktif warga dalam menciptakan pemilu yang adil dan demokratis,” tuturnya.

Terakhir Ratih mengucapkan terimakasih atas perhatian dan partisipasi semua pihak, mari bersama-sama menjaga integritas dan keadilan pemilu di Kecamatan Cimahi Tengah.

“Kami berharap pemilu serentak 2024 dapat menjadi contoh penyelenggaraan demokrasi yang baik dan bermartabat,” pungkasnya.
(DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *