Tingkatkan Pengetahuan Mitigasi, Pemkot Cimahi Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana

oleh
Tingkatkan Pengetahuan Mitigasi, Pemkot Cimahi Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Cimahi Yanuar Taufik Saat Membuka Kegiatan Sosialisasi.

Tingkatkan Pengetahuan Mitigasi, Pemkot Cimahi Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana

www.suryanenggala.id – Cimahi. Pemerintah Kota Cimahi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi terus melakukan sosialisasi pencegahan dan mitigasi bencana dalam upaya meminimalisir dampak yang kemungkinan ditimbulkan pada setiap jenis bencana yang berpotensi terjadi di wilayah Kota Cimahi.

Kegiatan sosialisasi mitigasi bencana Tingkat Kota Cimahi Tahun 2023 yang mengambil Tema “Melalui sosialisasi mitigasi bencana Geo-Hidrometeorologi, kita sukseskan pelaksanaan pemilu tahun 2024 dan siap untuk selamat” bertempat di Aula gedung A Pemkot Cimahi, pada Kamis (23/11/2023).

Kegiatan ini dihadiri oleh 115 peserta yang terdiri dari Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kota Cimahi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, Panitia Pengawas Kecamatan Se-Kota Cimahi, unsur Panitia Pemilihan Kecamatan Se-Kota Cimahi, Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan Se-Kota Cimahi, Panitia Pemungutan Suara Kelurahan Se-Kota Cimahi, Pengelola Pasar Modern Se-Kota Cimahi, Pengelola dan Paguyuban Pedagang Pasar Rakyat Se-Kota Cimahi.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota Cimahi Yanuar Taufik dalam sambutannya saat membuka secara resmi kegiatan tersebut mengatakan Kota Cimahi menjadi salah satu wilayah yang mempunyai potensi terjadinya bencana geo-hidrometeorologi yaitu bencana gempa bumi, pergerakan tanah/tanah longsor, banjir, banjir bandang, kekeringan dan angin puting beliung.

Apabila terjadi bencana tersebut maka dapat menyebabkan kerugian dan menggangu setiap aktivitas di masyarakat, oleh karenanya tentu diperlukan kesiapsiagaan dari semua stakeholder serta komponen lainnya untuk merespon suatu keadaan darurat bencana.

Tingkatkan Pengetahuan Mitigasi, Pemkot Cimahi Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana
Suasana Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana.
Tingkatkan Pengetahuan Mitigasi, Pemkot Cimahi Gelar Sosialisasi Mitigasi Bencana
Foto Bersama Disela-sela Kegiatan Sosialisasi Mitigasi Bencana.

“Oleh karenanya masyarakat sejak dini harus diberikan edukasi dan sosialisasi dalam hal kesiapsiagaan bencana secara masif dan bertahap. Sehingga ketika suatu saat nanti terjadi bencana sudah mengerti apa saja yang harus dilakukan sehingga dampak atau kerugian akibat bencana dapat diminimalisir,” jelasnya.

Yanuar berharap dari kegiatan ini akan menghasilkan kontribusi positif dan implikasi yang sangat baik kepada semua pihak ataupun komponen yang ada di kota cimahi sebagai langkah konkrit dan tanggung jawab dari pemerintah daerah kota cimahi untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari berbagai bentuk ancaman, kerentanan dan upaya-upaya untuk meningkatkan kapasitas masyarakat yang ada di Kota cimahi.

Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Deni Supriatna dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan sosialisasi ini maksudkan untuk memberikan pengetahuan terutama dalam upaya mitigasi bencana serta meningkatkan sumberdaya manusia terhadap penanggulangan bencana.

Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi tersebut Dr. Supartoyo dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Drs. Edy Heryadi, M.Si. Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Barat.

(Sumber : Humas Kota Cimahi)

(DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *