Pj. Wali Kota Cimahi Hadiri Penutupan KKN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani

oleh

Pj. Wali Kota Cimahi Hadiri Penutupan KKN Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani

www.suryanenggala.id, Cimahi – Pj. Wali Kota Cimahi H. Dikdik S Nugrahawan menghadiri kegiatan Penutupan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Achmad Yani bertempat di Gedung Cimahi Technopark, Jl. Baros Utama No.78,
Cimahi Selatan, hari jum’at (25/08/2023).

Sebanyak 416 kelompok mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang di dampingi 60 Dosen Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI) secara resmi ditutup oleh Pj. Wali Kota Cimahi.

Kegiatan KKN mahasiswa Universitas Jenderal Achmad Yani bertemakan “Kiat-kiat UMKM mendapatkan pembiayaan atau pendanaan usaha” selama satu bulan mahasiswa di bimbing untuk memahami problematika dalam UMKM.

Pj. Wali Kota Cimahi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas program pengabdian masyarakat yang telah dilaksanakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani yang difokuskan untuk membantu pengembangan usaha para pelaku UMKM di Kota Cimahi.

“Ini merupakan praktek baik dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa yang langsung diimplementasikan di tengah-tengah masyarakat, dapat memberi kontribusi bagi kedua belah pihak serta mendukung pemerintah Kota Cimahi dalam meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM,” tuturnya.

Lebih lanjut Dikdik mengatakan bahwa Kota Cimahi sebagai kota yang terus bertumbuh dan maju menuju tercapainya kesejahteraan masyarakat, harus mengupayakan pembangunan, memperhatikan seluruh aspek kebutuhan masyarakat dan memperhatikan sinergi berbagai stakeholder.

“Pelaksanaan KKN mahasiswa Unjani untuk mendampingi 50 pelaku UMKM di Kota Cimahi dalam bidang manajemen dan akuntansi, khususnya bagaimana mendapatkan pembiayaan atau pendanaan usaha melalui securities Crowd Funding. Merupakan strategi penguatan kapasitas dan daya saing agar UMKM berbasis ekonomi lokal mampu bersaing menebus pasar regional dan internasional dalam perekonomian Kota Cimahi,” ungkapnya.

Sementara itu di tempat yang sama Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani, Neni Maryani menjelaskan kegiatan KKN mahasiswa Unjani merupakan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa untuk mengamalkan ilmunya di lingkungan Kota Cimahi.

“Supaya bisa membantu para UMKM untuk bisa memasarkan produknya melalui Digital marketing, mereka diajarkan mulai dari packaging. Kemudian nantinya cara memasarkan melalui sosial media seperti Instagram, Facebook juga cara menjual di Shopee dan cara membuat laporan keuangan supaya terlihat bahwa usaha mereka itu untung atau rugi,” jelasnya.

Neni juga menjelaskan terkait pemilihan UMKM yang dilibatkan untuk kegiatan KKN Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sepenuhnya rekomendasi dari Pemkot Cimahi.

“UMKM yang kita pilih untuk direkomendasikan menjadi tempat KKN telah ditentukan oleh Pemerintah Kota Cimahi tepatnya Disdagkoperin karena ternyata ada grade nya, ada yang sudah naik kelas, yang sudah ekspor, ada yang sudah mandiri di setiap tahunnya itu kami diberi data oleh mereka,” ucapnya.

Sementara itu perwakilan dari mahasiswa tepatnya kelompok KKN 36, Adella Nilam Ayu Anjani saat ditemui awak media menjelaskan kesannya selama mengikuti KKN.

“Selama saya mengikuti kegiatan KKN di FEB Unjani 2023 saya banyak mendapatkan pembelajaran yang berharga seperti memahami proses bisnis dari awal hingga akhir, bagaimana mengelola bisnis, mengembangkan bisnis dan mendapatkan ilmunya secara langsung dari pemilik usaha yang hebat. Selain itu kegiatan nya menarik dan saya bisa menambah relasi antar UMKM,” pungkasnya.
(DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *