Marak Pembelian Seragam Sekolah, Gabungan LSM Kediri Gelar Aksi

oleh
Foto : adk/Suryanenggala

Marak Pembelian Seragam Sekolah, Gabungan LSM Kediri Gelar Aksi

www.suryanenggala.id-Kediri. Gabungan Lembaga Swadaya Masyarakat ( LSM ) menggelar aksi demo ke cabang dinas Pendidikan Kediri Jawa Timur. Pelaksanaan aksi menyikapi masalah maraknya pembelian seragam dan dugaan pungutan lainnya yang terjadi di kalangan pendidikan. Selasa, 8/8/23.

Marak Pembelian Seragam Sekolah, Gabungan LSM Kediri Gelar Aksi

Berkumpul di depan Stadion Brawijaya Kediri, Empat Lembaga Swadaya Masyarakat diantaranya LSM BIDIK – SIB DPD Jatim, LSM Srikandi Kediri, LSM BERANTASS dan LSM GMPI menggeruduk cabang Dinas Pendidikan sekira jam 11.00 WIB.

Dalam orasi bersama itu, 4 Lembaga tersebut sepakat untuk meminta dan mengklarifikasi dari Kacabdin mengenai hal dugaan pungli tersebut. Berhubung Kacabdin ada tugas luar Kota hari ini ke Surabaya, akhirnya para pendemo ditemui oleh perwakilan dari dinas pendidikan itu 3 orang.

Marak Pembelian Seragam Sekolah, Gabungan LSM Kediri Gelar Aksi

Aksi digelar untuk menampung aspirasi dari masyarakat. Diantaranya yakni hapus pungli ditubuh dunia pendidikan khususnya di wilayah Kediri. Selanjutnya, usut tuntas oknum-oknum kepala sekolah yang nakal dan yang tetep membandel. Misalnya tetap menggunakan kekuasaan nya untuk pungli dengan kedok iuran dari komite.

Mendengar pendapat, kritikan dari para pegiat gerakan, serta mengingat belum mendapatkan hasil dari Kacabdin, para peserta aksi lantas meminta untuk di pertemukan dan dibuatkan jadwal tersendiri bertemu langsung dengan Kacabdin Kediri. Ke 3 orang pihak perwakilan dinas pendidikan tersebut, bersedia untuk membuat jadwal dipertemukan dengan Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kediri.

Baca Juga :

Setelah dengar pendapat selesai di kantor Cabang Dinas Pendidikan Kediri, para pegiat aksi langsung bergeser ke arah kejaksaan negeri kabupaten Kediri. Untuk menyampaikan langsung ke pihak Kejaksaan Negeri Kediri terkait aspirasi yang diperjuangkan tersebut.

Pihak Kejaksaan Kediri sendiri menerima dengan baik dan menegaskan bersedia memberikan kepastian hukum dengan bersedia mengusut tuntas dugaan terjadi nya pungli- pungli di lingkungan Dinas Pendidikan d Kediri.

Siti Isminah, ketua LSM Srikandi Kediri menyampaikan akan terus menggelar aksi – aksi berikutnya yang lebih besar lagi. “Dengan gabungan yang sama empat Lembaga kami akan mengarah ke titik-titik sekolah yang diduga nakal dan membandel. Terutama yang tetap mempraktekkan pungutan – pungutan dan kualitas beli seragam sekolah,” ungkapnya.

Sampai berita ini di turunkan, sambil menunggu konfirmasi dari pihak Kacabdin Kediri bisa menemui langsung. “Kita dan teman-teman tetap akan mempersiapkan demo atau aksi damai lagi,” pungkasnya

( adk )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *