Proyek pembangunan P3TGAI Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Terbuka

oleh

Proyek pembangunan P3TGAI Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun Terbuka.

www.suryanenggala.idMadiun.
Program P3TGAI adalah program perbaikan rehabilitasi peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani. Oleh karena itu, pelaksanaan kegiatan oleh Himpunan Petani Pemakai Air atau yang lebih familiar dengan sebutan HIPPA.

Proyek pembangunan P3TGAI Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari   Kabupaten Madiun Terbuka.
Keterangan : Ketua HIPPA saat di lokasi pekerjaan ( foto : MD Suryanenggala )

Program tersebut untuk mendukung program ketahanan nasional dan upaya peningkatan kemampuan Ekonomi. Serta kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat petani. Sebaliknya, dalam pembangunan jaringan irigasi lebih mengutamakan tranparansi.

Proyek P3TGAI di Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun berjalan sudah sesuai dengan standar Oprasional Prosedur. Meskipun dikerjakan secara swa kelola, tentunya dengan hasil yang baik.

Ketua HIPPA Desa Tambakmas Sarmin Patut mendapat acungan jempol dengan komitmen cara membangun saluran irigasi dari program P3TGAI. Dengan kulitas yang baik, dikerjakan oleh sejumlah masyarakat Desa Tambakmas dengan tranparansi dan terbuka.

Baca Juga :

“Proyek ini di kerjakan dengan metode swakelola, pemberdayaan, partisipasi dan padat karya yang melibatkan masyarakat setempat melalui HIPPA Tambakmas. Proyek peningkatan jaringan irigasi ini menelan anggaran Rp 195 juta. Dengan voleme panjang 315 meter, dan tinggi 60 cm. Selanjutnya, kedalaman pondasi 30 cm, lebar pondasi 40cm. Adapun sumber anggaran APBN murni tahun 2023,”
ungkapnya kepada awak media saat dikonfirmasi pada rabu, 20/6/23.

Sugeng Wibowo S.Pd, Kepala Desa Tambakmas saat ditemui diruang kerjanya membenarkan bahwa kegiatan P3TGAI sudah selesai. Mengawali pekerjaan tersebut selalu melalui pengarahan. Oleh karena itu, kita melibatkan tenaga kerja dari masyarakat desa Tambakmas,” ujarnya.

Lebih lanjut Sugeng mengungkapkan rasa terimakasih nya kepada Pemerintah pusat. Kami atas nama pemerintah desa Tambakmas mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah pusat atas terealisasinya program P3TGAI tahun 2023 ini.

“Dengan adanya saluran irigasi, masyarakat petani desa Tambakmas lancar dalam penggunaan air ketika mulai pekerjaan sawahnya. Tentunya juga bisa menampung luapan air saat musim hujan. Juga meningkatkan penghasilan ekonomi petani Desa Tambakmas itu sendiri,”pungkasnya.

(MD).

Responses (2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *