Polsek Kalideres Sambangi RPTRA RW 03 Kel Kamal Jakbar

oleh

Polsek Kalideres Sambangi RPTRA RW 03 Kel Kamal Jakbar

www.suryanenggala.id, Jakarta, – Polsek Kalideres, Polres Metro Jakarta Barat menyambangi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak ( RPTRA) Cambela, RW 03 Kel. Kamal, Kec. Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (25/2).

Kegiatan tersebut dalam rangka Jumat Curhat RW yang dihadiri oleh Kapolsek Kalideres AKP Syafri Wasdar bersama jajaran, Ketua RW. 03, Mardi Wahyudi, Ketua LMK RW.03 Maksum Jamil, para Ketua RT di wilayah RW 03. Kel. Kamal, para Karang Taruna serta ibu-ibu Kader Jumantik, ibu-ibu PKK dan Dasa Wisma RW 03 Kel. Kalideres Jakarta Barat.

Dalam sambutannya, Kapolsek memberikan pesan-pesan Kamtibmas kepada warga di wilayah RW 03 Kel. Kamal Kec. Kalideres, Jakarta Barat.

“Mohon kerjasamanya bapak dan ibu untuk menjaga anak- anaknya, karena anak merupakan titipan Allah, anak merupakan generasi penerus kita, tolong dijaga dan diarahkan, semuanya demi masa depan mereka yang lebih baik,” kata Syafri di lokasi , Sabtu (25/2/2023).

“Kami dari kepolisian mengajak kerjasama para tokoh masyarakat dan agama untuk memberikan bimbingan dan pembinaan,” sambungnya.

Kemudian, kata Syafri, terkait dengan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor di RW.03 Kel.Kamal ia meminta kepada warga dan ketua RW untuk menerapkan sistem satu pintu.

“Tujuannya untuk mengurangi ruang gerak para pelaku pencurian kendaraan bermotor, seperti yang di lakukan di perumahan-perumahan lainnya sehingga dapat mengurangi atau menekan pelaku curanmor ,” ujarnya.

Mengenai berita tentang penculikan anak, Syafri mengajak warga untuk bijak dan menyikapi dengan cerdas dan tidak termakan isu yang tidak bertanggung jawab.

“Kita cari kebenaranya dahulu, namun demikian tidak ada salahnya kalau kita tetap waspada dan di beritahu anaknya apabila belum dijemput agar menunggu di dalam sekolahan atau pos keamanan,” imbuhnya.

Memasuki tahun jelang Pemilu 2024, Kapolsek mengimbau kepada seluruh warga untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar masyarakat.

“Jangan terpecah belah walaupun ada perbedaan pilihan. Perbedaan hanya saat di bilik suara saja, setelah itu tdk ada,” ucap Syafri.

Kemudian, lanjut Syafri, apabila ada permasalahan di lingkungan warga khususnya di komplek kencana RW 03 agar diselesaikan dengan baik dan bijaksana jangan sampai berlanjut ke ranah hukum.

“Karena kalau diselesaikan di tingkat RW selesai hari itu ya selesai perkaranya dan kedua belah pihak bisa akur kembali, namun tetap melibatkan Binmas atau Kapolsubsektor untuk mediasi kedua belah pihak,” ujarnya.

Selanjutnya, Polsek Kalideres menerima keluhan dan permasalahan warga terkait pelayanan kepolisian, seperti belum adanya Pos Polisi di Kel. Kamal, Kec. Kalideres Jakarta Barat.

“Kelurahan Kamal sudah mempunyai Pos Polisi, hanya karena lokasi Pos Polnya di wilayah Kel.Tegal Alur, namun walaupun kantornya di Wilayah Kel.Tegal Alur pelayanan tetap untuk wilayah Kel.Kamal,” jawab Kapolsek Kalideres.

Kemudian, Di wilayah RW.03 sering terjadi anak remaja yang nongkrong hingga larut malam dan membuat resah warga sekitar.

“Bagaimana bila kami warga menemukan hal seperti tersebut bagaimana tindakan kami, sedangkan keamanan kami minim,” ujar seorang warga.

“Ketua RW koordinasikan dengan para Ketua RT untuk membahas keamanan di lingkungan RW.03 dan bilamana menemukan gerombolan anak remaja yang diduga akan melakukan tawuran silahkan hubungi Binmasnya dan Kapolsubsektornya untuk ditindak lanjuti,” kata Syafri.

Selanjutnya, warga mengeluhkan dalam membuat Laporan Kepolisian (LP) kehilangan surat-surat baik kendaraan maupun lainnya.

“Setahu kami, di Polsubsektor sudah tidak bisa (menerima) lagi laporan polisi, namun diarahkan untuk membuat di Polsek sedangkan jaraknya terlalu jauh bagi kami,” ucapnya.

“Memang untuk Polsubsektor sudah tidak menerima pembuatan Laporan kehilangan surat, ini merupakan kebijakan dari Mabes Polri apalagi personil Pospol tdk ada, hanya Kapolsubsektor saja,” jawab Syafri.

Warga juga mengeluhkan masalah kemacetan di Jl.Sahabat hampir tiap hari, penyebabnya jalan sempit sedangkan yang melintas mobil besar, bagaimana solusinya.

“Masalah kemacetan di Jl.Sahabat hampir tiap hari, rencana akan di pasang portal untuk mencegah melintasnya kendaraan-kendaraan besar penyebab kemacetan,” pungkas Syafri.

(titik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *