Site icon Surya Nenggala

Sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Babadan Dengan Masyarakat Berantas Hama Tikus

Sinergitas Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Babadan Dengan Masyarakat Berantas Hama Tikus

www.suryanenggala.id, Ngawi – Bhabinkamtibmas Desa Babadan Aipda Edy S dan Bhabinsa Desa Babadan Sertu Suyatmin bersama dengan PPL Kecamatan Pangkur, Kelompok Tani Dusun Nguluh Desa Babadan, Kecamatan Pangkur bergotong royong bahu membahu membasmi hama tikus di areal persawahan Dusun. Nguluh, Desa Babadan, Kamis (22/12/2022).

Kegiatan gropyok tikus tersebut dengan cara pengasapan bubuk belerang dengan menggunakan tabung elpiji, pengasapan dengan menggunakan alat emposan di lubang-lubang yg diperkirakan sebagai sarang aktif tempat persembunyian tikus.

“Perburuan tikus yang dilakukan petugas dan masyarakat tersebut dilakukan secara rutin saat musim pemeliharaan padi,” jelas Aipda Edy S

Ditempat terpisah Kapolsek Pangkur AKP Subandi,S.H.,M.H. menerangkan bahwa warga masyarakat DusunNguluh, Desa Babadan seringkali tanaman padinya diserang oleh hama tikus hingga menyebabkan gagal panen, sehingga diharapkan dengan cara gropyokan dirasa lebih efektif dan tidak membahayakan para petani serta warga yang lain, dibanding dengan cara-cara yang lain seperti misalnya dengan memasang jebakan tikus menggunakan aliran listrik.

“Seperti yang kita ketahui, risiko dengan memasang jebakan tikus menggunakan aliran listrik sangat berbahaya, karena akhir-akhir ini sudah banyak kasus korban MD akibat dari pemasangan jebakan tikus menggunakan aliran listrik tersebut” terang Kapolsek

Kapolsek juga mengungkapkan bahwa keikutsertaan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa dalam kegiatan ini merupakan bentuk keaktifan dan kepedulian Polsek Pangkur dan Koramil Pangkur bertujuan supaya hubungan masyarakat terutama petani dengan polisi dan TNI semakin erat, selain itu juga untuk melestarikan budaya gropyokan yang merupakan kearifan lokal desa setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dusun Nguluh Herwanto juga mengucapkan terima kasih kepada Polsek dan Koramil dan semua pihak yang telah bekerjasama dalam pemberantasan hama tikus.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian dan TNI yang juga turut andil dalam kegiatan ini, semoga hasil panen padi kedepan bisa meningkat,” ucap Herwanto.

(*)

Exit mobile version