Bupati Mojokerto Buka Kompetisi Debat Bahasa Inggris Tingkat SMP

oleh
Foto:Luq/Ar

Bupati Mojokerto Buka Kompetisi Debat Bahasa Inggris Tingkat SMP

www.suryanenggala.id – Kabupaten Mojokerto. Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati membuka secara resmi kompetisi debat Bahasa Inggris untuk pelajar tingkat SMP. Perlombaan yang pertama digelar MGMP guru Bahasa Inggris ini berlangsung di SMP Negeri 1 Dlanggu, Rabu (21/12). 

Dalam sambutannya, Bupati Ikfina menyampaikan, perlombaan di bidang bahasa sangatlah diperlukan. Hal itu bertujuan untuk menambah pengalaman siswa dan meningkatkan kemampuan berbahasa asing siswa. 

“Kemampuan berbahasa asing ini menjadi satu hal yang akan memberi nilai plus untuk kalian semua. Maka dari itu atas terlaksananya kegiatan ini, saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia,” ungkapnya. 

Kemampuan berbahasa asing lanjut Ikfina, diibaratkan sebagai pintu masuk dan pintu keluar pengetahuan. Kemampuan berbahasa asing dianggap sangat penting di masa kini dan masa yang akan datang. 

“Bahasa itu adalah pintu, tempat masuk dan tempat keluar ilmu. Penelitian-penelitian yang dilakukan peneliti luar negeri itu lebih baik, karena yang melakukan penelitian orang luar negeri, literatur yang digunakan pun dalam bahasa inggris,” tuturnya. 

Jika memiliki kemampuan berbahasa asing baik, lanjut Ikfina, maka akan lebih mudah menerjemahkan dan memahami saat dihadapkan dengan literatur bahasa asing. 

Baca Juga :
Bupati Mojokerto Buka Kompetisi Debat Bahasa Inggris Tingkat SMP
Foto:Luq/Ar
Bupati Mojokerto Buka Kompetisi Debat Bahasa Inggris Tingkat SMP
Foto:Luq/Ar

Tidak hanya kemampuan memahami saja, Ikfina menambahkan, kemampuan untuk berbicara menggunakan bahasa asing pun akan memberi nilai lebih kepada siswa. “Percuma kalau kita bisa memahami, tapi saat akan menyampaikan, kita tidak bisa ngomongnya. Itulah fungsi lomba debat kali ini,” jelasnya. 

Sebelum mengikuti lomba, Ikfina menambahkan, para peserta pastinya telah menyiapkan materi yang akan didebatkan dalam perlombaan ini. “Pada dasarnya, peserta perlombaan ini harus betul-betul paham materi debatnya,” imbuhnya. 

Sesuai dengan tema English Debate Competition 2022, yakni ‘This House Allows Students Using Cellular Phone at School’, Bupati Ikfina pun menyinggung, agar kita semua bisa memanfaatkan teknologi untuk memudahkan kita belajar ilmu-ilmu baru. 

“Saat ini kita hidup di dua dunia, yakni dunia nyata dan dunia digital, melalui smartphone, bagaimana kita bisa memanfaatkannya dengan baik selain untuk berkomunikasi, tetapi juga untuk belajar,” katanya. 

Melalui internet, literatur pembelajaran yang dimuat pastinya berasal dari seluruh penjuru dunia yang juga menggunakan Bahasa Inggris yang merupakan bahasa internasional saat ini. 

Tak hanya menyampaikan pesan kepada pada siswa, Bupati Ikfina juga berpesan kepada para orang tua agar bisa selalu mendampingi anak-anaknya untuk menggapai masa depan. 

(Sumber : Diskominfo Kab Mojokerto)

(Khl;gd)

Response (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *