Site icon Surya Nenggala

Kapolri dan Menpora Tinjau Persiapan Pengamanan Piala AFF di Stadion GBK

Kapolri dan Menpora Tinjau Persiapan Pengamanan Piala AFF di Stadion GBK

www.suryanenggala.id, Jakarta, – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bersama Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali melaksanakan pengecekan pengamanan persiapan penyelenggaraan Piala AFF di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat.

“Baru saja saya (Kapolri) bersama-sama dengan Pak Menpora dan seluruh PJU (Pejabat Utama) yang terlibat dalam persiapan pengamanan Piala AFF melaksanakan inspeksi secara langsung,” kata Sigit di lokasi, Selasa (20/12/2022).

“Ini juga sesuai dengan apa yang menjadi arahan dan kebijakan Bapak Presiden (Jokowi) dalam rangka menciptakan iklim sepak bola yang lebih baik dan memenuhi standar FIFA,” sambungnya.

Presiden Jokowi, kata Sigit telah memerintahkan untuk melaksanakan evaluasi secara total mulai dari sistem penyelenggaraan dan sistem kemanan serta hal-hal yang menyangkut keselamatan pemain dan penonton.

“Terkait hal tesebut kami telah menindaklanjuti dengan membuat Peraturan Kepolisian (Perkap) nomor 10 tahun 2022 dimana di dalamnya mengatur bagaimana sistem pengamanan olahraga khususnya dalamnya menyangkut masalah sepak bola,” ujarnya.

Sigit menjelaskan, dalam Perkap tersebut terdapat 6 aspek yang menjadi hal yang telah diukur sehingga penyelenggara kedepan betul-betul dapat memenuhi dengan standar FIFA.

“Jadi tadi kita cek bagaimana pintu masuk baik penonton, pemain, kemudian bagaimana penyiapan terkait dengan apabila ada penonton atau pemain yang sakit bagaimana sistem penyelenggaraan kesehatannya,” paparnya.

“Dan tentunya kita melihat langsung juga ke ruang command center yang bisa memonitor seberapa jauh area yang ada, ada 220 cctv tadi dilaporkan yang bisa melihat di dalam area stadion, tentunya ini semua menjadi bagian yang harus kita cek,” kata Sigit.

Kapolri menyebut, Menpora beberapa waktu yang lalu menyampaikan bahwa PSSI telah mengajukan permohonan izin untuk penyelenggaraan Piala AFF.

“Kita tindaklanjuti dengan melakukan pemilihan resiko, dan kemarin telah mengeluarkan izin untuk kegiatan piala AFF ini bisa dihadiri oleh penonton. Untuk saat ini kita berikan maksimal 70 persen dari kapasitas penonton,” ucap Sigit.

“Tentunya tadi kita sudah menyampaikan kepada direktur beberapa hal yang mungkin perlu ditambahkan, kemudian standar internasional, standar FIFA yang diharapkan tentunya betul-betul lebih maksimal,” imbuhnya.

“Ini juga untuk menyongsong mempersiapkan kompetisi yang lebih baik, kita akan menghadapi tuan rumah G20 sehingga semua harus siap,” ujarnya.

Selanjutnya terkait dengan Liga 1, Kapolri, Menpora dan PSSI telah melakukan diskusi yang hasilnya bahwa pelaksanaan liga tersebut dengan tanpa penonton.

“Kenapa demikian karena kita sedang melakukan asesmen terhadap kondisi-kondisi stadion yang ada, sehingga nanti pada saat bulan Januari kita bisa kembali pada home away, jadi pertandingan ada penonton ,” kata Sigit.

“Jadi waktu ini lah yang kita persiapkan dengan sebaik-baiknya sehingga ke depan Liga 1 pun juga bisa dihadiri oleh penonton. Dan kita tentunya akan melaksanakan uji coba terkait dengan peraturan kepolisian yang baru, bagaimana penyelenggaraan sistem pengaman terkait dengan persepakbolaan,” ujarnya.

(tk/*)

Exit mobile version