Surya Nenggala

Demi Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi Sonny T Danaparamita Anggota DPR RI Gelar Sosialisasi kebijakan Perdagangan Luar Negeri

Sambutan oleh Sonny T Danaparamita saat acara sosialisasi berlangsung

Demi Pemulihan Ekonomi Nasional Pasca Pandemi Sonny T Danaparamita Anggota DPR RI Gelar Sosialisasi kebijakan Perdagangan Luar Negeri

www.suryanenggala.id. Banyuwangi– Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan, Sonny T Danaparamita, menggelar kegiatan “Sosialisasi Kebijakan Perdagangan Luar Negeri” yang berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, Senin (24/10/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan berlokasi di Keliwat Kangen Café & Resto Desa Sraten, Kec. Cluring, Kab. Banyuwangi. Kegiatan ini dihadiri oleh Sonny T Danaparamita (Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDI Perjuangan), Redi Ferdiansyah (Kepala Bagian Kepegawaian dan Umum, Sekretariat Ditjen Perdagangan Luar Negeri, Kementrian Perdagangan RI). Penyampaian materi yang diisi oleh tiga narasumber yakni Deniar Alpha Sagita (Analisis Pengelolaan Keuangan Madya, Ditjen Perdagangan Luar Negeri, Kementrian Perdagangan RI), Suminten (Kepala Bidang Perdagangan – Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Perdagangan Kab. Banyuwangi), dan Hidri Sukmawardhana (Assesor Manajemen Mutu Industri Ahli Muda, Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Perindustrian Kab. Banyuwangi). Sosialisasi ini diikuti oleh puluhan pelaku UMKM Kab. Banyuwangi (dari asosiasi AKRAB, Pakar Wangi, Umami, dan lainnya).

Pemaparan materi berlangsung boleh Narasumber

“Dalam konteks Perdagangan Luar Negeri, pelaku UMKM hanya berkontribusi sebesar 15% saja. Hal ini bisa saja terjadi karena kuota ekspor atau pintu ekspor sangat terbuka, tapi sayangnya pelaku UMKM belum siap dari hulu ke hilir atau belum siap dari segi skill (bagaimana menciptakan produk yang memenuhi standart internasional) mungkin kalau terjadi itu masih tahap wajar, tapi bukan berarti kita biarkan saja kondisi seperti itu.” Ungkap Sonny dalam sambutannya.

baca juga:

Legislator dari Dapil III Jatim tersebut berharap bahwa forum – forum semacam ini dijadikan sebagai forum berdialog, forum untuk menyerap berbagai informasi yang itu dapat memajukan produksi pelaku UMKM.

“Saya memahami bahwa pelaku usaha mikro merupakan pelaku usaha yang minim modal, namun modal bukan kendala satu – satunya. Percayalah pelaku UMKM pasti mampu mengembangkan usaha dengan terus berkreasi dan berinovasi.” Pungkas Sonny.

Photo bersama akhir acara sosialisasi kebijakan di bidang perdagangan luar negeri

Selanjutnya, kegiatan diisi pemaparan materi oleh tiga narasumber. Setelah pemaparan materi usai, dilanjutkan sesi diskusi narasumber dengan pelaku UMKM. Sesi diskusi dipandu oleh moderator yakni Zaenuddin Imam, SE, M.SA (Dekan Fakultas Ekonomi Untag Banyuwangi).

Pada akhir acara, seluruh peserta dihibur oleh Wandra Restusiyan yang merupakan musisi asal Banyuwangi (selaku pemilik dari Keliwat Kangen Café & Resto) dan penampilan dari Alvaro sang penabuh kendang cilik Banyuwangi.

(St)

Exit mobile version