Dinas Sosial Kendal Gelar Rakor Bansos Tahun 2022

oleh

www.suryanenggala.id. Kendal- Dinas Sosial Kabupaten Kendal menggelar Rapat Koordinasi bantuan sosial tahun 2022 bersama para pendamping sosial di Kabupaten Kendal, Senin (17/10/22) di Gedung Abdi Praja Kabupaten Kendal.

Acara dihadiri oleh Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, B.Sc., Kepala Dinas Sosial, Toni Ari Wibowo beserta para stafnya, serta diikuti oleh 136 pendamping dan 20 TKSK se-Kabupaten Kendal.

Toni Ari Wibowo mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah evaluasi kepada tenaga pendamping sosial, baik TKSK maupun pendamping PKH terutama pada program Bantuan Sosial (Sosial).

Menurut Toni, terkait dengan Bansos ini memang menjadi pusat perhatian bagi Pemerintah Pusat, Provinsi Jawa Tengah, hingga Pemerintah Kabupaten/Kota, sehingga dibutuhkan komitmen dan kerjasama antara SDM di Pusat hingga SDM yang ada di Kabupaten Kendal.

Baca juga :

“Disisi lain untuk kondisi riil di lapangan masih ditemukan KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Bansos tidak tepat sasaran, dan bermacam-macam alasannya.

“Salah satu alasannya adalah, pertama yang bersangkutan memang membutuhkan, namun berjalannya waktu terjadi peningkatan sosial, tapi yang bersangkutan masih menerima Bansos. Hal inilah yang perlu dilakukan editing data termasuk pendataan ulang bagi masyarakat penerima dari masing-masing pendamping,” terang Toni.

Sedangkan dalam sambutannya, Bupati Dico mengatakan, bahwa bantuan setiap tahunnya bantuan yang diberikan kepada masyarakat memang banyak, maka dari itu permasalahan sosial, ekonomi dan masyarakat yang membutuhkan seharusnya lebih rendah dibandingkan yang sekarang ini terjadi di Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Kendal pada khususnya.

“Dari sinilah peran kita bersama-sama, baik dari Pemerintah maupun pendamping sosial kita bersama-sama harus memberikan kontribusi yang terbaik terhadap masyarakat, sehingga kita harus memiliki tujuan dan visi misi yang sama, yaitu apa yang kita lakukan adalah untuk kesejahteraan masyarakat Kendal” ujar Bupati Kendal.

Lebih lanjut Bupati Dico mengatakan, jika tujuannya sudah sama ketika ada program dari Pemrintah kita bisa bergotong royong bersama untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Kendal, sehingga kita mampu untuk menurunkan angka kemiskinan yang ada di Kabupaten Kendal.

Bupati Dico dalam kesempatan itu juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada para pendamping sosial di Kabupaten Kendal, yang selama ini sudah bekerja keras untuk menyelesaikan persoalan kemiskinan yang ada di Kabupaten Kendal.

Bupati Dico juga mengingatkan, agar persoalan Bansos yang tidak tepat sasaran ini harus dipikirkan bersama, dan bagi para pendamping sosial yang bersentuhan langsung kepada masyarakat bisa memberikan input kepada Pemkab, sehingga fungsi dari Dinas Sosial ini bisa melengkapi program-program yang sudah ada di Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi karena ini sangatlah penting, jangan sampai bantuan sosial yang diberikan tumpang tindih.

“Harapannya dengan adanya Rakor ini kita harus memiliki inovasi, yaitu memiliki program-program kerja yang bisa memberikan Multiplier effect atau dampak signifikan terhadap pemberian Bansos kepada masyarakat, sehingga disinilah kita bersama-sama berupaya untuk melakukan suatu terobosan dan perubahan agar mendapatkan satu data yang valid,” harap Bupati Dico.

Sumber:Diskominfo/HR

(Zae)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *