Kunjungan Menaker ke RSI Sakinah Pastikan 263 Pekerja dapat BSU

oleh
Foto:Shn;Ven/Ar

Kunjungan Menaker ke RSI Sakinah Pastikan 263 Pekerja dapat BSU

www.suryanenggala.id – Kabupaten Mojokerto. Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah memantau langsung penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) kepada pekerja di Rumah Sakit Islam (RSI) Sakinah. Sedikitnya 263 pekerja dari 418 pekerja di RSI Sakinah dipastikan menerima BSU.

Dalam kunjungan Menaker Ida ke RSI Sakinah juga dihadiri Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, Forkopimca Sooko dan perwakilan pekerja dari RSUD R.A. Basoeni yakni Yeni, Elok, Gilang serta perwakilan pekerja dari RSUD Prof. Dr. Soekandar yakni Rengga, Wawan, Irven.

Menaker ida menjelaskan, bahwa BSU itu merupakan anggaran dari APBN. Pengelolaan pemanfaatan BPJS itu untuk memberikan reward atau apresiasi bagi pekerja atau perusahaan yang sudah menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan.

“Jadi pemanfaatan BPJS itu bukan menggunakan uang BPJS Ketenagakerjaan, tetapi murni anggaran Pemerintah. Dan bantuan itu tidak langsung kita salurkan ke 14, 6 juta penerima, karena kita perlu memastikan bantuan sudah tepat sasaran. Saat ini sudah hampir 50%,” terang Menaker Ida, saat kunjungan di RSI Sakinah, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Sabtu, (1/10) pagi. Dalam kunjungan tersebut Menaker Ida Fauziah didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

Dari data yang dihimpun, secara nasional Kemnaker telah menyalurkan BSU tahap 1 hingga tahap 3 kepada pekerja penerima BSU seluruh Indonesia sebanyak 7.077.550 (48,34%) dari total 14.639.675 penerima. Sementara untuk Kabupaten Mojokerto hingga saat ini telah tersalurkan bantuan BSU sebanyak 31.307 (51,37%) pekerja dari total 60.943 pekerja penerima BSU di kabupaten Mojokerto. 

Lanjut Menaker, Ia juga menceritakan, bahwa Presiden beberapa hari lalu mengumpulkan menteri, gubernur, Bupati dan walikota meminta agar menekan angka inflasi di wilayahnya.

Baca Juga :
Kunjungan Menaker ke RSI Sakinah Pastikan 263 Pekerja dapat BSU
Foto:Shn;Ven/Ar
Kunjungan Menaker ke RSI Sakinah Pastikan 263 Pekerja dapat BSU
Foto:Shn;Ven/Ar

“Dan alhamdulillah kita mampu mengendalikannya. saat ini pertumbuhan ekonomi kita tertinggi di antara G20. Dan inflasi kita terkendali 4,4%. Di negara lain sudah diatas 2 digit. Contohnya turki mencapai 80%,” tandasnya.

Selain itu, untuk memastikan bahwa para pekerja telah menerima BSU, Menaker ida yang didampingi Bupati Ikfina mengajak perwakilan pekerja dari RSI Sakinah endah Puspita serta perwakilan pekerja dari RSUD R.A. Basoeni mendatangi Teras BRI Mobil Kas Keliling yang berada di RSI Sakinah.

Menaker Ida juga sempat berdialog dengan para pekerja untuk mengetahui kondisi keluarga serta rencana para pekerja ke depan terkait penerimaan BSU.

Sesampainya di Teras BRI Mobil Kas Keliling, para pekerja langsung mengecek rekeningnya masing-masing. Menaker Ida juga memastikan bahwa jumlah nominal BSU yang diterima para pekerja sudah sesuai.

“Ya sudah mudah-mudahan  bermanfaat ya, saya cuma memastikan bahwa uangnya tidak berkurang sama sekali,” pungkasnya.

Selain itu, endah Puspita, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas terlaksananya program pemerintah yang membantu para pekerja dari dampak Pandemi Covid-19 serta kenaikan harga BBM.

“Terima kasih pak Jokowi, terima kasih Bu Menaker bantuannya sudah saya terima,” pungkasnya. 

(Sumber : Diskominfo Kab Mojokerto)

(Prm;gd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *