Surya Nenggala

Gebyar Tradisi Piton-Piton Bayi dan Sebar Uang di Kabupaten Nganjuk

Gebyar Tradisi Piton-Piton Bayi dan Sebar Uang di Kabupaten Nganjuk

www.suryanenggala.id. Nganjuk– Tedhak siten atau biasa yang disebut dengan piton-piton merupakan salah satu upacara adat Jawa untuk anak usia 7 selapan atau 245 hari. Pada masa tersebut, anak mulai belajar untuk berjalan.

Tedhak siten berasal dari kata yaitu “tedhak” atau idak yang memiliki makna turun dan “siten” dari kata siti yang bermakna bumi. Bisa disimpulkan bahwa tedhak siten memiliki makna meletakkan kaki di tanah atau bumi.

Salah satu daerah di Jawa Timur lebih tepatnya di Nganjuk, tradisi piton-piton masih banyak yang memperingatinya.

Pembacaan Do’a yang Dipimpin oleh Muh. Nur Daenuri Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk

Selain itu, dilaksanakannya prosesi Tedhak Siten juga memiliki filosofi untuk mempersiapkan anak agar mampu melewati setiap fase kehidupan. Seperti halnya tuntunan dari kedua orangtuanya hingga ia mulai bisa berdiri sendiri dan memiliki kehidupan lebih mandiri.

baca juga:

Joko Prasetyo atau pria yang disapa akrab Bang Jack itu sedang gembira menjalankan ritual piton-piton putra keduanya. Dalam acara tersebut tampak juga hadir Muh. Nur Daenuri Anggota DPRD Kabupaten Nganjuk. Disamping itu, terlihat juga para rekan sejawat dari Bang Jack yaitu para advokat dan rekan media maupun LSM.

Acara piton-piton bayi ini di dahului dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh Muh. Nur Daenuri. Dalam Do’a tersebut beliau mendoakan agar putra kedua dari Bang Jack mendapatkan keberkahan dalam hidup dan berbakti kepada kedua orang tua serta negara.

Acara Sebar Uang yang Diperebutkan Oleh Warga

Setelah pembacaan Do’a, acara dilanjutkan dengan kegiatan menyebarkan uang receh dari pihak keluarga sebagai bentuk sedekah. Acara sebar uang ini merupakan acara inti dari rangkaian tradisi piton-piton. Para warga yang sedari tadi sudah menunggu di depan rumah nantinya akan berebut mendapatkan uang receh yang dibagikan oleh pemilik hajat.

(Dzik)

Exit mobile version