Surya Nenggala

Rekor Dunia, Parade Bujang Ganong Terbanyak dan Kolaborasi Tarian Sufi Ponorogo

Penyerahan simbolis Topeng Bujang Ganong dan Topi Sufi

Rekor Dunia, Parade Bujang Ganong Terbanyak dan Kolaborasi Tarian Sufi Ponorogo

www.suryanenggala.id. Ponorogo- Ponorogo gudangnya seni, hari ini (Selasa, 09/08/22) untuk kesekian kalinya Torehan prestasi Ponorogo kembali tercatat di kancah Musium Dunia Rekor Indonesia (MURI).

Penari bujang ganong dan Tarian Sufi terbanyak yaitu 2022 penari bujang ganong menunjukkan kebolehannya menari ganong yang unik dan sulit di sepanjang jalan Jendral Sudirman arah Alun-alun Ponorogo.

Acara diawali penyerahan topeng Bujang Ganong oleh Bupati Ponorogo dan penyerahan topi penari sufi oleh wakil bupati Ponorogo.

Dalam sambutannya Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyampaikan “Kita dilahirkan di kota yang adi luhung, penuh dengan budaya dan Kedamaian”. Kata Giri.

baca juga:

“Ini pantas kita banggakan sudah sejak tanggal 11 Juli ramai di mana-mana tapi semuanya teduh tidak ada pertengkaran, tidak ada satupun yang terluka. Ponorogo adalah kota damai hari ini dua budaya yang luar biasa kita gelar. Yaitu bujang ganong filosofinya Bujang Ganong adalah adalah Sufi Jawa didalam atraksinya dia tetep bertopeng dia tidak mau ketahuan siapa yang menari. Itu hakikat Sufi Jawa”. Ungkapnya.

“Dua tarian berputar-putar, tarian yang sama-sama sulit. Kami sampaikan Ponorogo adalah kota santri dan budaya, kota santri dan budaya bisa terpatri di Ponorogo. Jadi Ponorogo adalah embrionya kota santri dan budaya. Bersatu padu menjadi Ponorogo yang lebih Muncher” lebih baik untuk kedepan menjawab tantangan masyarakat. Yang terpenting bahwa ekonomi kedepan harus lebih baik. Semua sektor kami sentuh terutama seni dan budaya mudah-mudahan dimudahkan dan dikabulkan oleh Allah subhanahu wa ta’ala. Terima kasih atas gotong royong dari masyarakat dan jika pengguna jalan agak terganggu pada hari ini izinkan kami mohon maaf karena semata-mata kami ingin menorehkan hal yang luar biasa agar Ponorogo yang kita cintai benar-benar menjadi Ponorogo yang luar biasa dan bermartabat”. Ucap Giri lagi dengan suara serak hampir habis.


Sementara itu sambutan dari utusan Musiun Rekor Dunia Indonesia (MURI), menyampaikan “MURI hadir di sini 9 Agustus 2022 di Kabupaten Ponorogo untuk kembali menyaksikan pagelaran spektakuler yaitu pagelaran tari Bujang Ganong yang dikolaborasikan dengan dengan peserta terbanyak pada 2022, peserta sesuai dengan tahun 2022. MURi sangat mengapresiasi prestasi Pemerintah Kabupaten Ponorogo yang bekerjasama dengan berbagai pihak terutama dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga dan pelaksanaan ini disampaikan dalam rangka memperingati hari jadi ke 526 Kabupaten Ponorogo kami ucapkan selamat bapak dirgahayu Kabupaten Ponorogo.” Ucapnya.

“Semoga terus berkarya, berprestasi mengharumkan nama Kabupaten Ponorogo baik di tingkat nasional maupun di Kancah Internasional dan kami harapkan semoga kegiatan menari ataupun berbagai seni yang dimiliki oleh Kabupaten Ponorogo semakin berkembang”.

“Kami juga mencatat berbagai Pagelaran Seni antara lain adalah pagelaran reog, tari Jathilan, tari baris cemeti. Dan yang terbaru hari ini kembali digelar pagelaran tari Bujang Ganong yang di kolaborasi dengan tari Sufi tercatat tercatat di Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai REKOR dengan kategori REKOR DUNIA”. Pungkas Utusan MURI.

(Sumber : Kominfo Ponorogo)

(Wid)

Exit mobile version