Peran Relawan Garda Transfumi Jawa Barat Tidak Bisa Dianggap Enteng

oleh

Peran Relawan Garda Transfumi Jawa Barat Tidak Bisa Dianggap Enteng

www.suryanenggala.id Bandung. Kementerian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan Mercy Corps Indonesia membentuk program Transfumi (Transformasi Formal Usaha Mikro) yang resmi diluncurkan pada tanggal 19 Juni 2021.

Dari program tersebut kemudian lahirlah Garda Transfumi Jawa Barat dengan diterbitkanya SK Kemenkop UKM tanggal 09 Agustus 2021 untuk para relawan yang siap mengawal implementasi PP No. 5/2021 tentang penyelenggaraan  perijinan berusaha berbasis resiko dan PP No. 7/2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, dan Pemberdayaan.

KUMKM dibawah kordinasi Ibu Siti Nur Maftuhah STP, MT (Ceu Meta, panggilan akrabnya) untuk wilayah Jawa Barat.


Dalam kiprahnya selama tahun 2021 Garda Transfumi Jawa Barat tercatat telah membantu 7.235 UMKM dalam memperoleh legalitas usahanya.

Pada tahun 2022 dibuka kembali pendaftaran untuk para relawan baru yang siap mengawal program Transfumi di wilayah Jawa Barat sehingga terjadi penambahan personel dengan total keseluruhan 88 relawan untuk wilayah Jawa Barat dengan SK Kemenkop UKM No.:B- 92/KUKM/Dep.2.2/I/2022.


Kiprah Garda Transfumi pada Tahun 2022 tidak kalah hebatnya dibanding Tahun sebelumnya 2021, yakni Tahun 2022  tercatat telah mendampingi UMKM dalam memperoleh legalitas dengan jumlah total 7.349 NIB (Nomor Induk Berusaha).

Dibalik Kiprah Garda Transfumi Jawa Barat  dan dukungan penuh para relawan hebat yang dalam kesibukannya bersedia mengabdikan dirinya mengawal program transfumi ternyata ada peran Kolaborasi yang baik antara Dinas Koperasi dan Usaha Kecil, DPMPTSP Provinsi Jawa Barat dengan Garda Transfumi Jawa Barat.

 
“Dalam rangka implementasi PP 7 tahun 2021 serta PP 5 tahun 2021 sebagai relawan Garda Transfumi kami akan selalu siap mendampingi UMik agar dapat dengan mudah memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) sebagai identitas dan legalitas usahanya tanpa kami minta biaya alias gratis..”. ungkap Siti Nur Maftuhah (Meta).


“Garda Transfumi Jawa Barat juga telah seringkali melakukan kolaborasi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah daerah sampai dengan tingkat Kecamatan dan Desa di jawa Barat.” Imbuh Meta.


Garda Transfumi Jawa Barat bisa dihubungi melalui akun resminya di Instagram @gardatransfumijabar dan akun resmi Garda Transfumi Nasional di Instagram @gardatransfumi Meta menjelaskan. (Krmnt)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *