PT PBM Sarana Bandar Nasional Luncurkan Aplikasi Manajemen Depo

oleh
Foto:as/suryanenggala

PT PBM Sarana Bandar Nasional Luncurkan Aplikasi Manajemen Depo

www.suryanenggala.id – Surabaya. Anak usaha PT PELNI (Persero) PT PBM Sarana Bandar meluncurkan aplikasi baru untuk meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa baik pengirim barang (shipper) maupun penerima barang (consignee).

Direktur Operasi dan Pengembangan Usaha PT PBM Sarana Bandar Nasional Murdiyoto mengungkapkan Aplikasi Manajemen Depo dan Container Monitoring ini akan memudahkan proses pengiriman barang.

“Aplikasi ini dibangun dalam rangka meningkatkan layanan kepada para pengguna jasa, baik shipper maupun consignee dalam pengiriman barang di kapal tol laut maupun kapal penumpang PT PELNI,” kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (14/6/2022).

PT SBN merupakan anak usaha PELNI yang bergerak di bidang bongkar muat yang mendukung induk usaha sebagai pengangkut dalam hal handling muatan. Mulai dari pelabuhan pemuatan sampai tiba di tujuan atau diterima di gudang consignee.

Murdiyoto menyebut ada sejumlah keunggulan dari aplikasi yang memudahkan para penggunanya. Pertama, booking handling bisa hanya dalam genggaman yaitu ada pada aplikasi android atau website. “Sebelumnya harus manual dan datang ke lokasi Depo,” jelas dia.

Kedua, pengguna bisa memilih nomor dan kondisi kontainer. Jadi dalam aplikasi ada daftar kontainer yang tersedia. Sebelumnya harus dilakukn secara manual yaitu pengguna wajib datang ke lokasi.

Ketiga, shipper bisa memantau pergerakan pada aplikasi di handphone androidnya. Mulai dari kegiatan handling muatan, pengisian barang di container (stuffing), proses pengangkutan ke dermaga (haulage), proses pemuatan ke atas kapal (stevedoring).

Selain itu pengguna juga bisa melihat proses pengangkutan dalam pelayaran, proses pembongkaran di pelabuhan tujuan dan proses pengangkutan ke gudang penerima.

Baca Juga :
PT PBM Sarana Bandar Nasional Luncurkan Aplikasi Manajemen Depo
Foto:as/suryanenggala

Nah tahapan ini bisa dimonitor dan diupdate kegiatannya oleh para petugas SBN. Kemudian untuk penerima barang juga bisa mengetahui jadwal kedatangan barang yang akan diterimanya. Jadi penerima bisa menyiapkan gudang lebih cepat dan terjadwal.

Keempat, untuk proses pembayaran kini semakin beragam dan lebih mudah. “Proses pembayaran sekadang menggunakan virtual account. Sebelumnya masih transfer ke rekening PT SBN dan ada juga yang membayar tunai,” jelas dia.

Kelima, dengan aplikasi ini PT SBN mampu memonitor lokasi dan jumlah kontainer kosong di setiap pelabuhan. Hal ini bisa mempermudah manajemen stok pada kontainer yang harus tersedia di Depo.

Ke depan aplikasi ini juga akan diintegrasikan dengan aplikasi booking muatan Sitollaut atau Mycargoo! Sehingga layanan kepada shipper dan consignee bisa dilakukan dalam satu pintu.

“Kami juga sedang membangun aplikasi lainnya sebagai upaya penerapan digitalisasi logistik. Antara lain aplikasi Transportation Management System (TMS), aplikasi Bongkar Muat, sehingga layanan kepada pengguna jasa dapat dilakukan secara digital untuk meningkatkan kemudahan, kecepatan dan jaminan layanan,” pungkasnya.

Tentang PT Sarana Bandar Nasional

PT Sarana Bandar Nasional adalah salah satu anak usaha PT PELNI (Persero) yang berdiri pada 31 Maret 1986. Sekarang PT SBN bermetamorfosa menjadi Pelni Logistics dan memiliki visi total logistics company.

Layanan Pelni Logistics ini antara lain menangani bisnis jasa bongkar muat, freight forwarding, transportasi dan distribusi, pengurusan kepabeanan (PPJK), pergudangan, depo container, serta pengusahaan retail dan trading melalui seluruh bisnis yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saat ini ada 56 kantor cabang dan memiliki dua anak usaha dengan spesialisasi forwarding dan trading.

(Sumber : Humas PELNI)

(As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *