Surya Nenggala

Bupati Sugiri Sancoko Buka Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) Ponorogo

Bupati Sugiri Sancoko Buka Bimbingan Teknis Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) Ponorogo

www.suryanenggala.idPonorogo. Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) yang di gelar Dinas Komunikasi dan Informatika dan Statistik Ponorogo secara resmi telah dibuka oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko (Rabu, 08/06/22) di Aula Hotel Maesa.

Kegiatan ini dilaksanakan offline dan diikuti oleh pemangku kepentingan dan lintas sektoral dalam gerakan menuju Kota Cerdas (Smart City) Ponorogo.

Bimtek hari pertama adalah penyusunan master plan smart city (Kota Cerdas). pesertanya terdiri kalangan Akademisi, Pelaku Usaha, Tokoh Masyarakat, dan Pemangku Kebijakan. Peserta tersebut dibagi menjadi enam kelompok sesuai enam pilar.

Yakni, Smart Governance (tata kelola pemerintahan yang cerdas), Smart Branding (memiliki inovasi dalam memasarkan daerah), Smart Economy (tata kelola perekonomian yang pintar), Smart Living (kelayakan taraf hidup), Smart Society (kondisi sosial masyarakat yang dinamis), serta Smart eEnvironment (pengelolaan lingkungan yang pintar).

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Ponorogo Bambang Suhendro mengatakan “Masing-masing kelompok peserta bimtek akan mengidentifikasi masalah serta menentukan sasaran berikut cara mencapainya”. Ucap Bambang.

Bupati Sugiri Sancoko Buka Bimbingan Teknis  Penyusunan Master Plan Kota Cerdas (Smart City) Ponorogo

Perumusan harus menyesuaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) atau Rencana dan Strategi (Renstra) dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Ponorogo.

‘’Peserta bimtek adalah tulang punggung terciptanya Smart city. Mereka yang paham akar permasalahan dan sasaran yang hendak dicapai,’’ kata Bambang lagi.

Menurut Kadis, bimtek penyusunan master plan smart city akan berlangsung empat kali, masing-masing pelaksanaannya selama dua hari.

‘’Bimtek penyusunan Master Plan Smart City merupakan hasil kesepakatan antara pemerintah daerah dan pusat”. terang Bambang.

Peserta akan terus merinci lebih detail sasaran dan cara pencapaian sehingga tersusun dokumen rinci tentang cikal bakal Smart City.

Selama Bimtek Profesor Marsudi Wahyu Kisworo yang didaulat sebagai Dewan Smart City Ponorogo terus memberikan pendampingan. Tentunya juga ditambah Tenaga Ahli dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

(Sumber : Humas Kominfo Kab. Ponorogo)

(Wid)

Exit mobile version