Surya Nenggala

Pemkot Cimahi Bentuk Kelurahan Tangguh Bencana, Guna Perkuat Mitigasi Bencana

Plt. Wali Kota Cimahi Ngatiyana Saat Menghadiri Kegiatan Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana. (Sumber : Humas Kota Cimahi)

Pemkot Cimahi Bentuk Kelurahan Tangguh Bencana, Guna Perkuat Mitigasi Bencana

www.suryanenggala.id – Cimahi. Pemerintah Daerah Kota Cimahi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi menyelenggarakan Pembentukan Kelurahan, bertempat di Aula Kecamatan Cimahi Selatan, pada hari Selasa (22/03/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Jawa Barat, Kepala Pelaksana BPBD Kota Cimahi, Camat Cimahi Selatan dan para Lurah di Wilayah Kecamatan Cimahi Selatan.

Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, dalam sambutannya menyebutkan bahwa sasaran dari Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana kelurahan adalah untuk membentuk masyarakat yang memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi kerentanan dan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

“Kemampuan ini diwujudkan dalam perencanaan pembangunan yang mengandung upaya-upaya pencegahan, kesiapsiagaan, pengurangan risiko bencana dan peningkatan kapasitas untuk pemulihan pasca bencana,” ungkap Ngatiyana.

Pemkot Cimahi Bentuk Kelurahan Tangguh Bencana, Guna Perkuat Mitigasi Bencana
Suasana Kegiatan Pembentukan Kelurahan Tangguh Bencana.
Foto Bersama Diakhir Kegiatan
Baca Juga :

Ngatiyana juga menyebutkan dalam kelurahan tangguh bencana masyarakat terlibat aktif dalam proses mitigasi bencana.

“Masyarakat harus turut terlibat dalam mengkaji, menganalisis, menangani, memantau, mengevaluasi dan mengurangi risiko-risiko bencana yang ada diwilayah mereka, terutama dengan memanfaatkan sumber daya lokal demi menjamin keberkelanjutan,” tambahnya.

Hasil dan rumusan dari analisis potensi bencana ini akan membawa implikasi terhadap tanggung jawab pemerintah serta semua komponen ataupun stake holder dalam urusan penyelenggaraan dan penanggulangan bencana.

“Hal tersebut harus kita sepakati Bersama-sama, bahwa bencana merupakan urusan bersama tidak hanya tanggung jawab pemerintah saja tapi menjadi urusan Bersama,” jelas Ngatiyana.

Ngatiyana berharap Kelurahan Tangguh Bencana ini dapat menjadi wadah bagi masyarakat Kota Cimahi untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi wadah untuk meningkatkan kesiapsiagaan terhadap bencana, juga dapat dijadikan sebagai bentuk pengabdian tanpa batas dengan tulus-ikhlas, ringan sama dijinjing, berat sama dipikul, rela berkorban dan tanpa pamrih,” pungkasnya.

(Sumber : Humas Kota Cimahi)

(DN)

Exit mobile version