Kecamatan Cimahi Tengah Grand Launching Inovasi Pelayanan Publik

oleh

Kecamatan Cimahi Tengah Grand Launching Inovasi Pelayanan Publik

www.suryanenggala.id-Cimahi. Acara grand launching inovasi Kecamatan Cimahi tengah digelar di Halaman Kantor Kecamatan Cimahi Tengah Jalan Terusan Cimahi, pada hari Rabu (22/12/2021).

Inovasi tersebut dihadirkan oleh beberapa Kelurahan di Cimahi tengah, di antaranya SIAPA CINTA (Sistem Aplikasi Warga Cigugur Tengah Transparan Aman), SITAWA (Sistem Tamu Wajib Lapor) Padasuka.

LAMOKOCH (Layanan Mobile Kelurahan Cimahi), SABAR NIAN (Sarana Prasarana Baros Kekinian), KERLING SETIAMANAH (Kampung Bersih Lingkungan), JARAK MAKO (Jajanan Rakyat Masuk Toko), SIPADU UMKM (Sistem Pelayanan Terpadu UMKM).

Selain itu, ada pula SIKEMAS (Sistem Informasi Kelembagaan Masyarakat), SIBANGDALI (Sistem Pengendalian Inventaris Barang Milik Daerah Di Kecamatan Cimahi Tengah), SIPENGKI (Sistem Pengendalian Keuangan Internal), JEJAKA (Jejaring Penjaga Keamanan) yang merupakan aplikasi dari hubungan sinergitas Pemda Kota Cimahi (Kecamatan Cimahi Tengah), TNI, dan POLRI, serta PADE SAPI (Petugas Antar Dokumen Kependudukan Sampai Pintu) yang menjadi ikon terbaru inovasi pelayanan kependudukan.

Acara diresmikan langsung Plt Wali Kota Cimahi Letkol Inf (Purn) Ngatiyana, dihadiri oleh Asisten 1 dan 2, SKPD Kota Cimahi, Danramil, Kapolsek, para lurah Sekecamatan Cimahi Tengah dan perwakilan dari masyarakat serta para pelaku UMKM yang turut memeriahkan acara dengan menggelar Bazzar.

Ngatiyana mengatakan, penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah sebenarnya telah mengalami perbaikan dan peningkatan, namun masih belum memenuhi sepenuhnya kebutuhan dan harapan masyarakat. 

“Oleh karena itu, dalam rangka mencapai visi dan komitmen tersebut diperlukan percepatan perubahan pada tradisi, pola  dan cara baru melalui gerakan satu instansi satu inovasi, yaitu gerakan yang mewajibkan 1 instansi menghasilkan paling sedikit 1 inovasi setiap tahun,” ungkapnya.

Penyematan Atribut Petugas Antar Dokumen Oleh Plt. Wali Kota Cimahi
Foto Bersama Sesudah Kegiatan

Menurut Ngatiyana, sejak bergulirkan kompetisi inovasi pelayanan publik Kota Cimahi cukup berprestasi, mendapatkan Top 99 pada tahun 2016 melalui e-reporting dan top 40 tahun 2018 melalui UPT Technopark, dan top 45 melalui Gastro Diplomacy Cireundeu.

 “Alhamdulillah upaya kita semua untuk dapat terus menggelorakan semangat berinovasi dan kreatifitas, ternyata diapresiasi dengan sangat positif baik oleh Pemprov Jabar maupun oleh Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Terbentuknya PADE SAPI mempunyai tujuan yaitu tingkat kepuasan masyarakat se-Kecamatan Cimahi Tengah meningkat khususnya dalam bidang pelayanan kependudukan.

PADE SAPI sebagai Public Service di kantor Kecamatan Cimahi Tengah, setiap kepuasan masyarakat adalah hasil kerja PADE SAPI. 

Sementara itu Camat Cimahi Tengah Tri Lospala Candra menjelaskan, inovasi-inovasi ini lahir dari hasil kerja tim se-Kecamatan Cimahi Tengah dan para lurah beserta jajaranya.

“Tujuan kami membangun inovasi-inovasi ini adalah untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat. Selain itu inovasi-inovasi ini juga sebagai penunjang kinerja, serta masyarakat agar lebih mudah dan lebih cepat dalam pelayanan. Dan tujuan utamanya adalah ingin mensejahterakan masyarakat kedepannya,” ungkap Tri.

 Menurutnya, inovasi-inovasi ini terbangun selama tahun 2021. “Alhamdulillah hari ini  berkat kerjasama se-Kecamatan Cimahi Tengah telah di launching oleh Pak Plt. Wali Kota Inovasi-inovasi ini terbangun di tahun 2021, disamping inovasi-inovasi yang memang sudah berjalan sebelumnya,” pungkas Tri.
(DN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *