Upaya Nguri-Nguri Kebudayaan Jawa, SD Negeri Ujungnegoro 02 Kabupaten Batang Tetap Unggul dalam Seni Karawitan

oleh
Upaya Nguri-Nguri Kebudayaan Jawa, SD Negeri Ujungnegoro 02 Kabupaten Batang Tetap Unggul dalam Seni Karawitan
Siswa siswi kelas IV SD Negeri Ujungnegoro 02 Kec. Kandeman Kab. Batang antusias dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni karawitan

Upaya Nguri-Nguri Kebudayaan Jawa, SD Negeri Ujungnegoro 02 Kabupaten Batang Tetap Unggul dalam Seni Karawitan

www.suryanenggala.id-Batang, Menyiapkan generasi emas pewaris musik tradisi haruslah muncul upaya nyata dan semangat semua pihak untuk mewujudkannya.Terlebih sekolah sebagai tempat transfer akal budi, pengetahuan dan juga keterampilan sangat tepat kiranya untuk menyemai musik tradisi lewat lagu –lagu tradisional.

Seperti halnya di SD Negeri Ujungnegoro 02 Kecamatan Kandeman, Kabupetan Batang ini. Upaya dalam nguri-nguri kebudayaan jawa tepatnya pada musik tradisional diwujudkan dalam kegiatan Ekstrakurikuler Musik Karawitan.

Kepala Sekolah SD Negeri Ujungnegoro 02, Mulyono, S.Pd menuturkan bahwa Kegiatan dari Ekstrakurikuler Seni Karawitan ini membawa dampak positif yang luar biasa kepada siswa. Dukungan dari komite sekolah dan wali murid juga menambah keseriusan siswa dalam belajar. Pembelajaran ekstrakurikuler yang mengasah bakat siswa ini diikuti oleh siswa siswi kelas 4 dan dilaksanakan pada hari Senin dan Rabu pada setiap minggunya.

“Seni Karawitan ini dimulai saat era Kepala Sekolah Bp. Muslimin pada tahun 2018, dan setelah berjalannya waktu, minat dari siswa siswi SD Ujungnegoro 02 ini semakin meningkat dalam belajar mengasah bakat Pembelajaran Ekstrakurikuler Karawitan ini. Dan untuk kegiatan Ektrakurikuler seni karawitan ini sudah pernah mendulang prestasi juara 1 lomba FL2N Tingkat Kabupaten Batang yang pesertanya dari kalangan SD, SMP dan SMA” ucap Mulyono, S.Pd Kepada Surya Nenggala. Jum’at (19/11/2021)

Baca juga:
Mulyono, S.Pd selaku Kepala Sekolah SD Negeri Ujungnegoro 02 optimis Ekstrakurikuler Seni Karawitan Selalu Unggul dalam kualitas dan kuantitas.
Kepala Sekolah, Guru dan Staf SD Negeri Ujung Negoro 02 Kec. Kandeman Kab.Batang

Pendidik kelas IV SDN Ujungnegoro 02, Ajrih Narpawestri, M.Pd menjelaskan bahwa icon dari SDN Ujungnegoro 02 ini salah satunya adalah pembelajaran seni karawitan, dalam pembelajaran ini siswa siswi khususnya kelas IV sangat termotivasi karena di Desa Ujungnegoro ini seni karawitan sudah diajarkan turun temurun kepada anak anak. Jadi anak lebih mudah diberikan arahan dalam pembelajaran seni karawitan ini. Meskipun masih berada di kelas IV mereka sudah mampu memainkan karawitan dengan cukup apik, baik dari melodi maupun tempo musiknya sudah bisa dipamerkan diberbagai kegiatan.

“saya sebagai tenaga pendidik merasa bangga dengan adanya ekstrakurikuler seni karawitan ini, selain bisa diandalkan untuk maju ke perlombaan, pembelajaran ini bisa untuk mengasah bakat dan kemampuan siswa dalam bidang seni. Khususnya musik karawitan”. Ujar Ajrih kepada awak media Surya Nenggala.

Sabariyah, selaku instruktur Ekstrakurikuler Seni Karawitan SD Negeri Ujungnegoro 02 sangat berharap agar kegiatan ini terus dikembangkan, sehingga bisa menjadi icon andalan untuk SD Negeri Ujungnegoro 02 dan pihaknya akan selalu berinovasi dalam memberikan pembelajaran seni karawitan ini. Yang hasilnya dimaksimalkan untuk mengasah bakat dan pembangunan karakter siswa di SD Negeri Ujungnegoro 02 ini. (Tgh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *