Surya Nenggala

3 Desa di Kecamatan Dolopo Laksanakan Sosialisasi Pembentukan Panitia Pilkades

Muspika Kecamatan Dolopo

3 Desa di Kecamatan Dolopo Laksanakan Sosialisasi Pembentukan Panitia Pilkades

www.suryanenggala.id-Madiun. Setelah sosialisasi pembentukan panitia Pilkades sub Kecamatan pada 19/10/21 lalu, 3 Desa di Kecamatan Dolopo Kabupaten Madiun melaksanakan musdes dalam rangka pemilihan Kepala Desa serentak dan pembentukan panitia pemilihan Kepala Desa pada Jum’at, 22/10/21. Hal ini dilaksanakan merujuk pada Peraturan Bupati Madiun Nomor 38 tahun 2021 tentang Kepala Desa.

Musdes pembentukan panitia Pilkades dilaksanakan secara bersamaan meliputi Desa Doho, Desa Suluk dan Desa Kradinan. Hadir dalam masing – masing kegiatan tersebut yakni BPD beserta anggota, Perangkat Desa dan anggotanya, perwakilan ketua RT, tokoh agama serta tokoh masyarakat dengan didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa masing – masing.

Dalam pelaksanaan pemilihan panitia Pilkades di Desa Kradinan, hadir pula Muspika Kecamatan Dolopo. Dalam sambutannya, camat Dolopo Heri Fajar Nugroho, S.Sos, M.Si menegaskan kepada siapapun calon panitia terpilih agar selalu berpedoman pada Perbup Madiun Nomor 38 Tahun 2021 tentang Kepala Desa.

“Panitia pemilihan Kepala Desa, peraturan – peraturan nya bisa di share secara bertahap atau di foto copy mulai pasal 7 dan seterusnya. Dalam perbup 38 ini diulas tentang pembentukan panitia pemilihan Kepala Desa di Desa,” ulasnya.

Sementara itu, ketika di lokasi Desa Suluk AKP Muslich Bawani Kapolsek Dolopo bersama Danramil Dolopo Kapten Infantri Sutomo menegaskan bahwa pihaknya sebagai stabilitator.

Baca juga:
Kapolsek Dolopo AKP Muslich Bawani saat memberikan himbauan

“Kami Kapolsek, Danramil sebagai anggota sub kepanitiaan tingkat Kecamatan akan membantu Pak Camat. Oleh sebab itu keputusan ketua akan kami ikuti. Sekali lagi kami bersifat netral. Saya tegaskan bilamana ada anggota Polisi khususnya anggota Polsek Dolopo yang tidak netral, apalagi mengintervensi, melakukan kegiatan – kegiatan yang sifatnya mengarahkan kepada calon, silahkan lapor ke saya,” tegas Kapolsek.

Adapun hasil Musdes sosialisasi pembentukan panitia Pilkades telah menunjuk 7 orang per Desa sebagai panitia. Perlu diketahui bersama, sesuai petunjuk Perbup nomor 38 tahun 2021 bahwasannya dalam kepanitiaan melibatkan 2 orang dari unsur perangkat Desa.

Desa Suluk terpilih Moh Ihwan sebagai ketua, Aris sebagai wakil ketua, Agus Supriyanto sebagai sekretaris, Puji sebagai bendahara. Sementara 3 nama lainnya yang menjadi anggota panitia yakni Puryani, Wahyudi dan Suhono.

Desa Kradinan terpilih Joko sebagai ketua, Erwin sebagai wakil ketua, Nanang sebagai sekretaris, Sugeng Munawaroh sebagai bendahara. Sementara 3 nama lainnya yang menjadi anggota panitia yakni Yoyok Kiswoyo, Abror dan Endang Puji Lestari.

Desa Doho terpilih Zaenudin, S.Ag sebagai ketua, Sumanto,S.Pd sebagai wakil ketua, Rico Yudha Maharti Putra sebagai sekretaris, Ari Mudayanti sebagai bendahara. Sementara 3 nama lainnya yang menjadi anggota panitia yakni Ardhiani Eka Sastuti, Kuat Santoso dan Aris Ady Ariawan.

Disisi lain, Zaenudin, S.Ag ketua terpilih panitia Pilkades Desa Doho menyampaikan langkah – langkah yang dilakukan setelah ia bersama tim terpilih sebagai panitia.

“Setelah kami diberi tugas oleh ketua BPD Desa Doho, kami berusaha melaksanakan dengan sebaik – baiknya. Kami juga utamakan netralitas kepanitiaan berjalan adil, jujur dan berkeadilan dengan harapan setelah purna kegiatan ini masyarakat kembali seperti biasa dan tidak ada masalah apapun,” pungkasnya. (tim).

Exit mobile version