Pemerintah Kecamatan Dolopo Laksanakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Se – Kecamatan Dolopo

oleh -308 views
Pemerintah Kecamatan Dolopo Laksanakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Se - Kecamatan Dolopo
Kapolsek Dolopo, AKP Muslich Bawani saat memberikan penjelasan

Pemerintah Kecamatan Dolopo Laksanakan Sosialisasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Se – Kecamatan Dolopo

www.suryanenggala.id-Madiun. Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa ( pilkades ) serentak 143 Desa di lingkup Kabupaten Madiun Bakal dihelat 20 Desember 2021 mendatang. Tak terkecuali 9 Desa yang berada di Kecamatan Dolopo. Sesuai Surat Mendagri nomor 270/5645/SJ tahun 2021 tentang tindak lanjut pelaksanaan Pilkades Serentak dan pemilihan antar waktu atau PAW pada masa Pandemi Covid 19 pasca penundaan. Mendasari hal tersebut, Kabupaten Madiun mulai menjalankan tahapan demi tahapan persiapan pilkades karena masuk dalam penerapan PPKM level 3.

Selepas kegiatan rapat sub kepanitiaan tingkat Kecamatan, selasa, 19/10/21 Pemerintah Kecamatan Dolopo melaksanakan sosialisasi tahapan pilkades. Bertempat di aula Kecamatan Dolopo, acara dihadiri oleh unsur muspika dari Pemerintah Kecamatan Dolopo, Kapolsek Dolopo, Danramil Dolopo, dari unsur kesehatan yakni Kepala Puskesmas Mlilir, MWC NU, Banser, serta tokoh dari PSHT, PSHW dan Pagar Nusa.

Adapun Peserta sosialisasi terdiri dari unsur BPD, Kepala Desa, Sekdes, Bendahara serta tokoh masyarakat. Karena masih dalam masa pandemi, pelaksanaan dibagi menjadi 2 sift, yakni sift siang meliputi Desa Suluk, Blimbing, Bader, Glonggong, dan Kradinan. Sedangkan sift malam meliputi Desa Tawang, Doho, Candimulyo, dan Dolopo.

Acara dibuka langsung oleh Heri Fajar Nugroho, S.Sos, M.Si, Camat Dolopo. dalam penyampaiannya, ia membedah poin – poin penting dari Peraturan Bupati Madiun Nomor 38 tahun 2021 tentang Kepala Desa.

Baca juga:
Muspika Kecamatan Dolopo
Sosialisasi Pilkades Se Kecamatan Dolopo

“Tahapan demi tahapan Pilkades serentak harus kita lalui dengan jeli. Jangan sampai terjadi masalah di kemudian hari. Setelah melalui sosialisasi tingkat Kecamatan, saya harapkan BPD segera membentuk kepanitiaan Pilkades ini ,” ujar Hery Fajar.

Sementara itu, Danramil Dolopo Kapten Infantri Sutomo menyampaikan terkait transparansi pelaksanaan. Pihaknya bersama Polri akan mengawal pilkades mulai awal hingga akhir agar tercipta suasana aman, lancar, dan damai.

“Kepada rekan – rekan, segera bentuk kepanitiaan. Rencanakan dengan baik agar tidak ada kendala dilapangan. Selalu pegang teguh dan pedomani Perbup serta tidak usah kemana – mana. Saya berharap kepada panitia untuk bersikap netral. Jangan menggunakan money politik. Saya bersama pak Kapolsek akan menindak tegas apabila terjadi money politik atau politik uang,” tegas Danramil.

Disisi lain, Kapolsek Dolopo AKP Muslich Bawani menjabarkan terkait pentingnya peran BPD dalam pilkades ini.” Yang menjadi tulang punggung dalam pilkades ini yakni BPD. Untuk itu, baca dan pahami Perbup 38 tahun 2021 sebagai dasar untuk melaksanakan Pilkades ini. Sekali lagi, kompetensi anda dipertaruhkan pada Pilkades ini. Sukses tidaknya Pilkades terletak pada anda semua yang hadir di sini,” urai Kapolsek.

Dari sektor kesehatan, Kepala Puskesmas Mlilir juga menjelaskan akan pentingnya taat protokol kesehatan. Jangan sampai Kabupaten Madiun naik level kembali.” Untuk panitia kegiatan, selalu perhatikan protokol kesehatan. Mulai masker, hand sanitizer, dan alat coblos. Sehingga tidak menimbulkan klaster baru di kegiatan Pilkades mendatang,” pungkasnya. (Ek/wid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *