Truk Tangki LPG Terbakar di DPS Perak Surabaya

oleh
Truk Tangki LPG Terbakar di DPS Perak Surabaya
(Sumber foto: Detik.com)

Truk Tangki LPG Terbakar di DPS Perak Surabaya

www.suryanenggala.id-SURABAYA. Kebakaran hebat terjadi di kawasan PT Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS) di Jalan Perak Barat, Surabaya. Kebakaran tersebut terjadi saat truk tangki LPG bernopol L 9429 BJ melakukan pengisian. Api dengan cepat merambat dan membakar dua mobil lainnya.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dedik Irianto mengatakan kejadian kebakaran dilaporkan sekitar pukul 10.28 WIB dan api berhasil dipadamkan sekitar pukul 11.28 WIB.16 unit mobil Damkar dikerahkan dalam kebakaran ini.

Kepala Dinas PKM Surabaya Dedi Irianto mengatakan, 16 unit mobil PMK itu masing-masing 14 unit dari PMK Surabaya dan 2 unit PMK dari PT Pelindo III.

Untuk 14 unit PMK Surabaya masing-masing, 2 Unit Tempur Rayon I Pasar Turi, 7 Unit Team Rescue, 1 Unit Tempur Pos Pegirian, 2 Unit Tempur Rayon V Margomulyo, 1 Unit Tempur Rayon II Tambak Rejo,1 Unit Tempur Pos Menur.

Dedik menjelaskan yang ludes terbakar adalah kepala truk saja. Sementara tangki elpiji meski ikut terbakar tetapi aman.

Baca juga:
Truk Tangki LPG Terbakar di DPS Perak Surabaya
proses pemadaman truk tangki yang terbakat

“Di DPS, jadi yang terbakar truk yang mengisi ke tandon elpiji. Ada dua tandon, kapasitas 4 ton kiri kanan-kiri. Mungkin dalam proses ini (pengisian) mungkin terjadi kebakaran,” jelas Dedik kepada wartawan usai proses pemadaman, Senin (30/8/2021).

Kebakaran ini membuat sopirĀ truk LPGĀ dan operator tangki pengisian LPG terluka bakar. Mereka segera di larikan ke rumah sakit terdekat.

“Di dalam tadi, untuk korban dilarikan ke PHC, tapi kondisinya saya belum tahu. Kondisinya seperti apa saya belum tahu. Dan dua unit mobil terbakar, sama satu kepala truk elpijinya,” kata Dedik.

“Itu bukan minyak terbuka, tapi gas. Satu-satunya jalan ada yang berani masuk untuk menutup valve itu. Jadi tadi dari rekan-rekan rescue, masih ada api dia masuk cari valve untuk nutup, akhirnya selesai, dan sambil di semprot, di dinginkan tangki-tangkinya. ” ungkap Dedik.

Dedik menjelaskan tingkat kesulitan dalam proses pemadaman karena yang terbakar berbahan gas. Akhirnya petugas menggunakan foam dalam proses pemadaman.(F)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *