Penasaran Penyebab Hawa Dingin Beberapa Hari Ini ? Simak Penjelasannya

oleh
Gambar ilustrasi (weather.com)

Penasaran Penyebab Hawa Dingin Beberapa Hari Ini ? Simak Penjelasannya

www.suryanenggala.idNganjuk. Beberapa hari ini hawa dingin terasa di beberapa wilayah di Jawa Timur tak terkecuali Kabupaten Nganjuk. Kota yang mempunyai sebutan lain yaitu kota angin dan di bawah lereng gunung wilis. Cuaca dengan suhu dingin ini berkisar 25° Celsius di malam hari dan 21° Celsius di pagi hari. Hal ini menjadi perbincangan warga dalam waktu beberapa hari terakhir. Bahkan ada beberapa warga menerka bahwa ini sudah mulai memasuki musim kemarau.

Hal ini menjadikan awak media Surya Nenggala menjadi penasaran tentang hawa dingin yang terjadi akhir-akhir ini. Ternyata setelah melihat akun Instagram dari BMKG kelas I JUANDA disampaikan, bahwa hal ini yang di namakan bediding yang di ambil dari bahasa Jawa yang artinya perubahan suhu yang mencolok. Khususnya di awal musim kemarau suhu udara menjadi sangat dingin menjelang malam hingga pagi hari.

Baca juga:
Penasaran Penyebab Hawa Dingin  Beberapa Hari Ini ? Simak Penjelasannya

Menurut BMKG kelas I JUANDA Bediding adalah kondisi di mana pada malam hingga pagi hari terasa lebih dingin dari biasanya. Hal ini termasuk hal yang wajar dan normal terjadi pada saat musim kemarau. Kapan bediding terjadi:

• Terjadi pada saat musim kemarau

• Tutupan awan sedikit pada malam hari, bahkan tidak ada sama sekali

Pada malam hari, nilai radiasi matahari yang sampai ke bumi adalah nol. Jadi energi yang menghangatkan permukaan bumi adalah energi yang berasal dari gelombang panjang yang dipancarkan bumi. Apabila kondisi langit berawan, maka energi yang dipancarkan menuju angkasa sebagian akan dipantulkan kembali menuju bumi. Jika dilangit tidak ada tutupan awan sama sekali, maka energi yang dipancarkan bumi akan lepas ke angkasa tanpa ada yang dipantulkan kembali ke bumi, sehingga suhu udara akan semakin dingin.

Di musim bediding yang sedang kita alami di butuhkan kondisi tubuh yang prima. Oleh sebab itu asupan makanan hangat dan sehat, minum vitamin, olah raga dan istirahat yang cukup, apalagi di masa pademi Covid 19 ini membutuhkan imunitas tubuh yang harus tetap terjaga.

(Rio/BMKG Kelas 1 Juanda)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *