Aneh, Dinas Koperasi Tidak Tahu Alamat Koperasi ICB

oleh -1.770 views
Aneh, Dinas Koperasi Tidak Tahu Alamat Koperasi ICB
Kantor Dinas Koperasi Lamongan

Aneh, Dinas Koperasi Tidak Tahu Alamat Koperasi ICB

www.suryanenggala.id-Lamongan. Sudah jatuh tertimpa tangga, pepatah inilah yang dirasakan peternak domba binaan koperasi Indonesia Cita Berdikari (ICB) Kabupaten Lamongan Jawa Timur. Seperti yang disampaikan salah satu peternak yang enggan disebut namanya di daerah Kecamatan Mantup. ketika ditemui dirumahnya, ia mengungkapkan rasa kekecewaan nya kepada pihak koperasi ICB.

Aneh, Dinas Koperasi Tidak Tahu Alamat Koperasi ICB
Ketua KP. ICB Sugiarsih dan Bendahara KP. ICP Khunul di bandara
(Sumber Foto : Puji)

“Setelah membuat kandang yang menghabiskan dana cukup besar untuk 29 ekor domba dimasa pandemi ini, ternyata upah dari koperasi tidak dibayar, bahkan sekarang menanggung pinjaman di BRI sebesar 36juta atas nama saya sendiri. Itupun sampai saat ini belum dibayar oleh koperasi ICB hingga menunggak beberapa bulan. Pihak bank BRI datang untuk konfirmasi dan menyampaikan bahwa peminjam bisa diblaklist jika pinjaman di bank tidak dilunasi oleh koperasi ICB,” ungkapnya.

Setiap kali perternak datang ke pengurus koperasi guna meminta hak nya dan meminta pinjaman di BRI untuk segera dilunasi, pengurus hanya memberikan jawaban yang tidak pasti.

” itu pun selalu mundur dari waktu yang dijanjikan sejak tahun 2020 saat panen domba ditimbang sampai saat ini upah peternak belum dibayar koperasi. Sangat bertolak belakang dengan janji-janji yang disampaikan pada peternak saat program akan dimulai. Janji manisnya beternak domba dalam binaan koperasi ICB akan sangat membantu pendapatan ekonomi keluarga dan mengangkat ekonomi lemah,” lanjutnya.

Baca juga:
Aneh, Dinas Koperasi Tidak Tahu Alamat Koperasi ICB
Pak Slamet salah satu peternak ICB yang belum di bayar upahnya sekitar 11juta dan pinjaman BRI 36juta yang belum di Lunasi Koperasi ICB

Beberapa peternak di Kecamatan Mantup sudah mulai putus asa dan hanya bisa mengeluh. Belum ada Dinas manapun yang mau memperjuangkan hak para peternak. Dinas peternakan Pemprov dan Kabupaten Lamongan juga pernah berkunjung ke salah satu peternak di Mantup. Namun juga tidak bisa membantu dan memperjuangkan hak para peternak yang diduga dipermainkan koperasi ICB ini.

Disisi lain, Agus Suyanto Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Lamongan menjelaskan bahwa tidak mengetahui kegiatan dan keberadaan koperasi ICB di daerah lamongan. Yang sebenarnya sejak tahun 2020 dan sudah melakukan export domba ke Brunai sebanyak 2 kali dalam dua periode di tahun 2020.” Menurut peternak Dinas Koperasi Lamongan diundang saat pemberangkatan pertama export domba binaan koperasi ICB sebanyak 2.650 ekor melalui Bandara Juanda. Acara juga dihadiri Gubernur Jawa Timur bu Kofifa Indarparawangsa sekaligus untuk memotong pita pelepasan export domba ke Brunai,” urainya.

Aneh, Dinas Koperasi Tidak Tahu Alamat Koperasi ICB
Kunjungan Kantor Dinas Koperasi Propinsi Jawa Timur

Ketika awak media mencoba konfirmasi ke Diskop Provinsi, Kepala Dinas sedang ada jadwal acara di tempat lain. Sempat ditemui Bu Eni bagian kelembagaan Diskop Jatim. Ia menyampaikan akan cek apakah koperasi ICB terdaftar di Provinsi atau di Pusat dan akan memberikan jawaban dengan menghubungi awak media surya nenggala.

Sementara pengurus koperasi ICB sendiri selalu menghindar jika akan dikonfirmasi terkait masalah dengan peternak dan saling lempar tanggung jawab. Yang lebih mencengangkan, saat awak media menayakan alamat kantor koperasi ICB beberapa kali pada Kusnul, bendahara koperasi, ia enggan memberikan alamat kantornya dengan selalu mengalikan jawaban dan meminta awak media menanyakan pada pengurus ICB yang lainya.

Patut di duga Koperasi ICB yang berskala nasional dan sudah mengekspor domba ke Brunai, juga sedang bermasalah dengan peternak dan bank BRI ini tidak mempunyai kantor. Kantor cabang yang di Lamongan pun sudah tutup.

Peternak sangat menyayangkan sikap Pengurus yang tidak membela anggotanya, yang setiap panen memotong hasil panen domba peternak setiap orang 10% dari total upah sebanyak 36 anggota sekitar 36 juta, juga memotong 5 ribu per/kg dari harga daging yg di sepakati atara koperasi dan peternak dgn harga 58ribu per/kg.
Namun ketika peternak menanyakan rincian, korcam tidak ada pertangung jawaban dari pemotongan tersebut secara rinci.

(PJO)

6 thoughts on “Aneh, Dinas Koperasi Tidak Tahu Alamat Koperasi ICB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *